Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Janji BUMN Bantu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Kompas.com - 19/08/2022, 15:34 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, BUMN akan berupaya menurunkan harga tiket pesawat sehingga terjangkau oleh masyarakat.

Hal ini menjadi penting karena harga tiket pesawat merupakan salah satu komponen dalam pengendalian inflasi di Indonesia.

"Kemarin saat Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Negara, Bapak Presiden secara tegas meminta agar harga tiket pesawat dapat distabilkan karena ini penting dampaknya bagi pengendalian inflasi kita," ujar Erick dalam siaran pers, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: Turunkan Harga Tiket Pesawat, Menhub Minta Bantuan Pemda

Erick mengaku, pihaknya segera bergerak cepat untuk menyiapkan formula dalam menstabilkan harga tiket pesawat. Ia juga mengatakan secara intens berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait upaya pemerintah menstabilkan harga tiket pesawat.

Menurut Erick, BUMN tak hanya bertugas sebagai motor penggerak perekonomian bangsa, tetapi juga harus hadir menjadi penyeimbang saat harga pasar tengah mengalami gejolak.

“Ini dibuktikan BUMN saat melakukan intervensi harga masker hingga operasi pasar untuk kebutuhan pangan. Kali ini, kita (BUMN) pun harus hadir menjadi penyeimbang pasar dalam menjaga inflasi dan juga membantu masyarakat mendapatkan harga tiket pesawat yang terjangkau," lanjut mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Erick mengaku telah meminta PT Garuda Indonesia (Persero) melakukan sejumlah langkah, seperti penambahan frekuensi penerbangan guna memenuhi peningkatan permintaan pengguna jasa pesawat.

Baca juga: Kala Jokowi Soroti Mahalnya Harga Tiket Pesawat...


Menurut Erick, penambahan frekuensi penerbangan dapat berdampak pada penurunan harga tiket pesawat. Erick juga menyebut melambungnya harga tiket pesawat menjadi momentum bagi Garuda untuk kembali meraih kepercayaan masyarakat.

Selain itu, Erick menilai intervensi terhadap harga tiket pesawat menjadi bukti bahwa transformasi dan restrukturisasi Garuda sudah berada di jalur yang tepat.

"Ini saatnya bagi Garuda untuk hadir dan menjawab kepercayaan dan dukungan masyarakat yang kini tengah membutuhkan harga tiket pesawat yang terjangkau," ungkapnya.

Baca juga: Jokowi Sentil Menhub Gara-gara Harga Tiket Pesawat Mahal

Di sisi lain, Erick mendukung penuh langkah Kemenhub dalam mengendalikan harga tiket pesawat. Dia menilai upaya Kemenhub melibatkan para pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah dalam membantu memastikan tingkat keterisian penumpang, memberikan subsidi, dan insentif lainnya sudah tepat.

Pasalnya, persoalan harga tiket pesawat memerlukan sinergitas banyak pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, hingga swasta.

"Dengan kolaborasi menyeluruh, kami optimistis dapat segera menstabilkan harga tiket pesawat. Hal ini tentu akan berdampak besar bagi aktivitas dan juga perekonomian masyarakat kita yang sangat membutuhkan moda transportasi udara tersebut," kata Erick.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Mahal, Jokowi: Pak Menhub Saya Perintahkan untuk Segera Selesaikan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com