Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blue Bird Bakal Pasang PLTS di Pool Taksi Mampang Prapatan

Kompas.com - 20/08/2022, 10:30 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - PT. Blue Bird menyiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk mendukung pemenuhan kebutuhan operasional taksi dan mobil listrik.

Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Adrianto Djokosoetono mengatakan, pihak Blue Bird akan memasang PLTS pertama di Kantor Pusat Blue Bird di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

“Insya Allah tahun depan kita sudah punya (PLTS) untuk men-generate listrik yang fokusnya untuk charging station,” ujar Adrian di Pool Blue Bird Bali, Kamis (19/8/2022).

Baca juga: Tidak Mampu Bangkit dari Pandemi, Jaringan Bioskop Terbesar Kedua Dunia Ajukan Pailit

Adrian menyebutkan, PLTS di Pool Blue Bird Mampang Prapatan merupakan prototipe PLTS milik Blue Bird. Ia menyebutkan, Blue Bird saat ini juga sedang mempelajari penggunaan PLTS untuk pemenuhan kebutuhan listrik.

“Di tahun 2019, itu kami lakukan prototyping agar kami tahu cara handling-nya, cara prosesnya, plus minusnya. Kami sedang berproseslah sehingga akhir tahun ini atau awal tahun depan kita sudah punya PLTS,” kata Adrian.

Adrian mengatakan, saat ini proyek pembangunan PLTS di Mampang Prapatan masih terus dikerjakan. Ia tak menampik progres pembangunan PLTS sempat terhambat karena pandemi Covid-19.

“Seharusnya tahun 2020 kami sudah ada PLTS,” ucap Adrian.

Baca juga: Harga Pertalite Diisukan Naik jadi Rp10.000, Blue Bird Belum Siapkan Kenaikan Tarif Buka Pintu

Adrian menambahkan, Blue Bird tak hanya mengupayakan zero emisi lewat mobil listrik, melainkan melengkapi siklus clean energy lewat produksi hingga menggunakan listrik sendiri.

Diketahui, Blue Bird saat ini memiliki 60 mobil listrik untuk melayani pelanggan. Jumlah mobil listrik tersebut digunakan sebagai armada taksi dan mobil rental.

Penggunaan kendaraan taksi listrik membantu menekan polusi udara di Indonesia dan implementasi program Blue Sky.

Baca juga: Sinyal Harga BBM Naik Makin Kuat, Menteri ESDM Sebut Subsidi Sudah Sangat Berat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com