Kompas.com - 07/09/2022, 22:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) yang baru, Abdullah Azwar Anas telah menyiapkan sejumlah gebrakan untuk melanjutkan estafet perbaikan pelayanan publik dan reformasi birokrasi, usai resmi dilantik.

Dalam jangka pendek, Azwar akan fokus pada tiga prioritas yaitu digitalisasi struktur, digitalisasi kompetensi, dan budaya digital. Rencana tersebut ia kemukakan dalam Serah Terima Jabatan Menteri PANRB dari Mahfud MD kepada dirinya, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

"Dulu ATM di mana-mana, sekarang orang sudah tidak menggunakan ATM karena beralih jadi cashless. Ke depan birokrasi juga sama, digital birokrasi itu menjadi pilihan. Inilah yang akan kami teruskan dari ide pandangan dari Prof. Mahmud MD, Pak Tjahjo Kumolo, dan arahan Presiden," ujarnya melalui siaran pers Kementerian PANRB.

Baca juga: PT DI Gandeng Airbus untuk Kembangkan Bisnis Produksi Komponen Aerostruktur

Mantan Kepala LKPP ini menjelaskan, Presiden Joko Widodo telah menitipkan sejumlah mandat kepada dirinya. Seperti peningkatan kualitas pelayanan publik utamanya yang ada di struktur pemerintahan terbawah, mulai dari kelurahan hingga kecamatan harus segera digenjot.

"Selama saya menjadi Bupati Banyuwangi, jajaran Kementerian PANRB ini memaksa saya untuk berpikir lebih cepat, kreatif, dan terukur. Ke depan kami berharap dapat terus memberikan guidance pada pemerintah daerah atau pusat dalam membangun pelayanan publik yang prima," kata Azwar.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memandang Azwar Anas sebagai sosok yang tepat untuk memimpin beragam pembenahan di bidang pelayanan publik, SDM Aparatur, maupun akuntabiltas pemerintah.

"Hari ini saya menyerahkan jabatan Menteri PANRB kepada Bapak Abdullah Azwar Anas yang menurut saya sangat tepat karena beliau ini muda, enerjik, kreatif, dan inovatif. Pengalamannya juga sudah banyak, sehingga punya modal untuk menjawab berbagai tantangan," ungkapnya.

Presiden Jokowi resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan-RB usai jabatan tersebut diisi sementara oleh dua menteri yakni Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian selama 2 bulan lebih.

Baca juga: Pastikan Stok BBM Aman, dan Tidak Bocor, Erick Thohir Tinjau Command Center Pertamina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.