Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Bangun Bank Digital, Astra Financial dan WeLab Resmi Akuisisi Bank Jasa Jakarta

Kompas.com - 19/09/2022, 15:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk (Astra) melalui anak perusahaannya PT Sedaya Multi Investama (Astra Financial) mengumumkan penyelesaian transaksi akuisisi salah satu bank komersial di Indonesia, PT Bank Jasa Jakarta (BJJ), bersama dengan WeLab melalui WeLab Sky Limited (WeLab Sky) pada hari ini, Senin (19/9/2022).

Proses penyelesaian transaksi tersebut ditandai dengan telah diperolehnya persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Setelah penyelesaian transaksi akuisisi, Astra Financial dan WeLab Sky masing-masing memiliki saham BJJ sebesar 49,56 persen.

Baca juga: BSI Akui Bakal Akuisisi Bank Syariah Lain demi Perluas Layanan

Dua perusahaan tersebut menjadi pemegang saham mayoritas sekaligus pengendali bank. Nantinya, Astra Financial dan WeLab berencana untuk menjadikan BJJ sebagai bank digital di Indonesia.

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro menyampaikan, investasi di BJJ sejalan dengan tujuan Astra pada jasa keuangan untuk menjadi penyedia layanan jasa keuangan ritel serta mendukung perkembangan industri jasa keuangan.

Sementara, Direktur Astra sekaligus Director-In-Charge Astra Financial Suparno Djasmin mengatakan, BJJ sebagai bank digital, melalui strategi omnichannel, akan melengkapi produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan kepada pelanggan Astra.

"Hasil riset menunjukkan, sekitar 77 persen masyarakat di Indonesia masih tergolong ke dalam kategori unbanked dan underbanked. Melalui kerja sama ini, kami berharap BJJ dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta mempercepat inklusi dan literasi keuangan di Indonesia," kata dia dalam siaran pers, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Soal Kabar Akuisisi BTN, BNI: Tidak Ada dalam Rencana Perusahaan

Di samping itu, Founder dan Group CEO WeLab Simon Loong mengatakan, upaya memperluas kehadiran layanan bank digital kami di seluruh Asia, pertama di Hong Kong dan sekarang di Indonesia, telah menjadi salah satu langkah strategis perusahaan.

Kemitraan dengan Astra mendukung fokus strategis WeLab dalam meningkatkan sinergi lintas negara dan bisnis dengan para mitra dalam memperluas skala dan jangkauan, untuk selanjutnya memperkuat jaringan dari platform fintech pan-Asia yang ada.

"Kami antusias mitra jangka panjang kami, Astra, akan bekerja sama untuk memberikan layanan perbankan berbasis teknologi melalui BJJ di Indonesia. Kami berharap dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui kerja sama dengan Astra,” ungkap dia.

Astra dan WeLab telah berpartner sebelumnya dalam ekosistem teknologi finansial di Indonesia. Ini adalah kemitraan strategis kedua setelah pembentukan perusahaan patungan fintech lending bernama PT Astra WeLab Digital Arta (AWDA) pada tahun 2018.

Kekuatan Astra dan WeLab yaitu ekosistem bisnis Astra serta jaringan yang luas dipadukan dengan keahlian, teknologi, dan potensi ekosistem para investor WeLab juga pengalamannya dalam membangun dan menjadi operator bank digital.

Hal tersebut merupakan kunci dalam mendorong transformasi digital BJJ menjadi bank digital yang melayani kebutuhan keuangan masyarakat Indonesia.

Sebagai informasi, PT Sedaya Multi Investama (SMI) telah menyelesaikan pembelian sekitar 49,56 persen saham PT Bank Jasa Jakarta atau senilai Rp 3,88 triliun pada 16 September 2022 lalu. Adapun, saat ini berarti Astra Financial telah memegang saham Bank Jasa Jakarta sebanyak 1,14 juta lembar saham.

Sementara itu, WeLab Sky Limited juga telah meningkatkan kepemilikan sahamnya atas Bank Jasa Jakarta sebanyak 49,56 persen.

Baca juga: Ini Tujuan GoTo Akuisisi Perusahaan Transaksi Kripto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com