100 Hari Jabat Mendag, Zulhas Klaim Bisa Selesaikan Polemik Minyak Goreng hingga Cegah Korupsi

Kompas.com - 25/09/2022, 20:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) membeberkan beberapa pencapaiannya menjabat 100 hari menjadi Menteri Perdagangan.

Seperti yang diketahui Zulhas resmi dilantik menjadi Menteri Perdagangan pada Juni 2022, menggantikan Muhammad Lutfi untuk periode sisa jabatan 2024.

Pencapaian pertama disebutkan dia adalah keberhasilan dalam menjaga stabilisasi harga dan ketersediaan bahan pokok.

Baca juga: Mendag Zulhas Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir Kenaikan Harga Beras

Khusus untuk harga minyak goreng, ia mengklaim telah berhasil menurunkan harga minyak goreng yang semula Rp 16.400 per liter, kini telah berhasil turun di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) atau sebesae Rp 13.800 per liter.

"Menjaga ketersediaan bahan pokok khususnya pangan secara merata dengan harga terjangkau oleh masyarakat adalah tugas Kementerian Perdagangan," ujarnya dalam jumpa pers kinerja 100 Hari Menteri Perdagangan di Jakarta, Minggu (25/9/2022).

Zulhas juga mengklaim kinerjanya telah menjadikan perkembangan inflasi Agustus 2022 masih di level aman yaitu 4,69 persen dengan kisaran target 2022 2-4 persen.

Pencapaian yang kedua adalah surplusnya neraca perdagangan dan peningkatan volume ekspor.

Dia membeberkan, neraca perdagangan Januari-Agustus terhitung surplus sebesar Rp 34,92 miliar. Sedangkan total ekspor Januari-Agustus Rp 194,60 miliar.

Angka tersebut telah meningkat sekitar 34,42 persen dibandingkan tahun 2021.

Pencapaian ketiga adalah keberhasilan Kemendag dalam penandatanganan IUAE-CEPA (Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement).

Baca juga: Mendag Zulhas: Kenaikan Harga BBM Belum Memengaruhi Harga Barang Kebutuhan Pokok

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.