Erick Thohir: Kapan Kita Sadar kalau Impor Terus?

Kompas.com - 28/09/2022, 12:08 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa Indonesia terus mengimpor gula konsumsi. Padahal kebutuhan akan gula konsumsi terus naik.

Oleh karena itu, ia meminta BUMN Pangan seperti Bulog dan Holding ID Food bisa menyediakan kebutuhan pangan untuk Indonesia, termasuk gula konsumsi.

"Kita terus impor gula konsumsi, padahal peningkatan gula konsumsi terus naik. Kapan kita sadar kalau kita impor terus?," ujarnya dalam Konferensi Pers BUMN Next Gen 2022 di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Info Biaya Admin BCA Blue atau Silver beserta Limit Transaksinya


Selain itu, Erick juga menyoroti impor susu. Ia mengatakan sejauh ini Indonesia masih terus mengimpor susu hingga 80 persen. Padahal di sisi lain, anak-anak Indonesia khususnya yang berusia dini 1-6 tahun perlu mengonsumsi susu untuk mencegah terjadinya stunting.

"Karena itu, kita harus berfikir lebar. Yang namanya industri gula bukan hanya buat konsumsi saja kan namun dengan adanya inovasi ini bisa jadi etanol. Bukan hanya untuk konsumsi saja," jelas Erick.

Erick mengaku sudah menugaskan agar BUMN Pangan bisa menjadi offtaker dalam menyediakan semua kebutuhan pangan d Tanah Air.

"BUMN jadi offtaker untuk petani harus berani. Di negara lain bisa, kenapa negara kita enggak bisa. Negara lain ketika libur panjang harganya enggak naik, ini kita jaga karena 273 juta jiwa perlu makan," pungkasnya.

Baca juga: Erick Thohir Bakal Bangun Pos Block di Bandung dan Surabaya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.