Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi "Ngiklan" di Shopee, Penjual Mukena dari Solo Kebanjiran Pesanan

Kompas.com - 08/10/2022, 09:15 WIB
Rindu Pradipta Hestya,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jeli dan pintar dalam menangkap peluang merupakan salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Prinsip itu diterapkan oleh pemuda asal Solo, Jawa Tengah, yang juga menjadi Chief Executive Officer (CEO) Putri Diana, Muhammad Rifqi Nahdi.

Pada peluncuran wajah baru Shopee di Solo, Rifqi bercerita bahwa ia membangun Putri Diana sebagai usaha kecil mikro menengah (UMKM) distributor mukena rayon pada 2018. Namun, ia menyadari bahwa kendala promosi ke konsumen menyebabkan penjualannya tidak kunjung meningkat.

Kondisi tersebut membuat Rifqi tersadar bahwa strategi khusus diperlukan untuk mendorong penjualan produknya. Apalagi, industri mukena berbahan rayon belum banyak dijual di pasar online. Hal ini membuka peluang besar bagi bisnisnya.  

Baca juga: Cara Daftar Shopee Affiliate Program, Bisa Dapat Cuan!

Rifqi pun memanfaatkan momentum bisnis online yang saat itu sedang berkembang pesat. Ia lalu mendaftarkan tokonya sebagai seller di Shopee pada Agustus 2020 agar produknya dapat menjangkau konsumen lebih luas. Keputusan itu menjadi titik balik kesuksesan bisnis Putri Dania yang ia jalankan.

“Sejak bergabung menjadi seller di Shopee, kami memanfaatkan fitur dan program (Shopee) untuk mendorong penjualan (produk) di kanal online agar Putri Dania bisa dikenal luas di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam,” kata Rifqi kepada Kompas.com, Jumat (7/10/2022).

Berbagai model produk mukena Putri Dania yang tersedia di Shopee Barokah (Dok. Istimewa)Shopee Berbagai model produk mukena Putri Dania yang tersedia di Shopee Barokah (Dok. Istimewa)

Rifqi melanjutkan, fitur dan program di Shopee juga saling melengkapi satu sama lain serta terintegrasi. Hal itu mampu mendatangkan traffic ke toko miliknya serta mendorong penjualan.

Ia menilai bahwa iklan Shopee merupakan layanan paling efektif untuk berpromosi. Sejak rutin beriklan di platform itu, penjualan mukena Putri Diana berangsur naik.

Jika sebelumnya mukena Putri Diana hanya terjual ratusan produk, kini bisa tembus hingga mencapai belasan ribu setel dalam sebulan. Terlebih dengan keberadaan program Ekspor Shopee yang juga dapat mendorong penjualan mukena Putri Diana hingga ke luar negeri.

“Kalau punya bisnis, kita tidak boleh cepat puas dengan pencapaian yang sudah didapat. Harus ada peningkatan. Dalam hal ini, Shopee sangat membantu saya untuk mencapai itu,” ungkap Rifqi.

Baca juga: Tutorial Lengkap Cara Menjadi Seller Shopee

Rifqi melanjutkan, Shopee juga memberikan pelatihan untuk para penjual melalui program Kampus Shopee. Setelah mengikuti program tersebut, ia mampu mengembangkan usahanya lebih besar lagi. 

“Alhamdulillah, hasilnya tidak main-main. Bisnis lokal yang produknya mukena rayon bisa menembus pasar global sampai ke Malaysia, Singapura, dan Thailand,” ujar Rifqi.

Lebih lanjut pria 28 tahun itu juga menjelaskan bahwa produknya bisa semakin dikenal berkat program Shopee Barokah. Program itu menjadi wadah untuk menjaring konsumen muslim lebih banyak lagi.

Rifqi optimistis, dengan inovasi produk dan dukungan Shopee Barokah, bisnis yang ia kelola selama 2 tahun dapat dikenal semakin luas.

Baca juga: Manfaatkan Potensi Fesyen Muslim di Indonesia, Mahasiswi Ini Sukses Kembangkan Bisnis Hijab bersama Shopee

“Kehadiran Shopee Barokah membantu saya dan jutaan UMKM lain mampu menjual produk-produk Islami semakin dikenal, baik di dalam negeri maupun mancanegara,” papar Rifqi.

Shopee Barokah bantu jutaan UMKM jangkau pasar halal Indonesia

Berdasarkan data dari Indonesia Halal Market Report 2021/2022, Indonesia merupakan pasar konsumen halal terbesar di dunia. Nilai konsumsi produk halal di Indonesia tembus hingga 184 miliar dollar AS pada 2022.

Angka tersebut diprediksi akan terus tumbuh karena potensi industri produk halal di Indonesia masih sangat besar dan dapat terus dioptimalkan oleh pelaku bisnis.

Baca juga: Wapres Maruf Sebut Indonesia Punya Potensi Pasar Produk Muslim yang Besar

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung menyebutkan, konsumsi produk dan layanan halal domestik diperkirakan tumbuh 14,96 persen. Nilainya diprediksi akan terus meningkat, dari 184 miliar dollar AS menjadi 281,6 miliar dollar AS pada 2025.

Adapun kehadiran Shopee Barokah sebagai ekosistem yang menopang industri kreatif pada segmen konsumen muslim dan rumah bagi produk halal diharapkan dapat memaksimalkan potensi tersebut di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com