4 Langkah Antisipasi Dampak Inflasi Menurut Bank Indonesia

Kompas.com - 13/10/2022, 12:00 WIB
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Beberapa waktu terakhir, inflasi tengah menjadi salah satu topik yang mendapatkan perhatian publik. Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Dilansir dari laman resmi Bank Indonesia (BI), inflasi timbul dikarenakan adanya tekanan dari sisi supply, dari sisi permintaan, dan dari ekspektasi inflasi.

Inflasi juga bisa dipengaruhi faktor yang berasal dari sisi penawaran ataupun yang bersifat kejutan seperti kenaikan harga minyak dunia dan adanya gangguan panen atau banjir.

Meskipun dampak inflasi tak bisa terhindarkan, kita bisa melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasinya. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi dampak inflasi pada kehidupan sehari-hari?

Baca juga: Mengenal Apa Itu Inflasi, Perhitungan, dan Pengendaliannya

Mengantisipasi dampak inflasi

1. Bijak saat berbelanja

Untuk mengantisipasi dampak inflasi, Anda dapat membagi pos kebutuhan dan keinginan. Saat berbelanja, utamakan barang-barang yang memang dibutuhkan dan tidak melakukan panic buying.

2. Memanfaatkan hobi

Anda dapat memperoleh pemasukan tambahan dengan memaksimalkan hobi, sehingga akan memperoleh penghasilan tambahan selain dari pemasukan utama.

Digitalisasi yang terus berkembang bisa dimantfaatkan untuk mendukung ide, kreativitas, maupun jasa, dengan memanfaatkan platform-platform online sebagai tempat berjualan.

Baca juga: 4 Tips Atur Keuangan Hadapi Dampak Inflasi, Apa Saja?

3. Dana darurat

Tidak kalah penting untuk menyiapkan dana darurat atau dana khusus. Dana darurat ini dialokasikan untuk kebutuhan-kebutuhan mendadak maupun tidak terduga.

4. Investasi

Anda dapat melakukan investasi sesuai profil risiko, dengan memilih investasi yang tepat. Inflasi bisa mengurangi nilai riil uang, sehingga pilih investasi yang memberikan keuntungan lebih besar dibandingkan tingkat inflasi seperti pasar modal dan reksa dana.

Dikarenakan setiap investasi memiliki risiko, maka Anda dapat memperhatikan profil risiko masing-masing dan menyesuaikan dengan kondisi keuangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.