Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petrokimia Gresik Kirim Bantuan 1.000 Paket Sembako untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Kompas.com - 06/12/2022, 17:10 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Petrokimia Gresik menyalurkan sebanyak 1.000 paket sembako di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Adapun bantuan paket sembako telah diserahkan oleh staf Corporate Social Responsibility (CSR) Petrokimia Gresik, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, pada Senin (5/12/2022). Selanjutnya, diharap dilakukan distribusi kepada para warga korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, sesuai amanah yang telah disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Petrokimia Gresik sebagai bagian dari BUMN harus tanggap dengan kondisi yang terjadi di tengah masyarakat. Termasuk, bencana erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, 3 Bandara Terdekat Beroperasi Normal

Adapun satu tahun lalu, pada tanggal 4 Desember 2021, erupsi Gunung Semeru sempat terjadi cukup dahsyat dengan mengakibatkan banyak korban jiwa. Di mana peristiwa tersebut, membawa trauma bagi masyarakat Lumajang.

“Masih kuat diingatan para korban,bagaimana bencana erupsi Gunung Semeru yang tahun lalu melanda. Mereka harus kehilangan keluarga, harta, bahkan harus rela untuk direlokasi, karena rumahnya tertimbun lahar. Kini bencana erupsi kembali melanda, semoga bencana ini tidak besar dan segera berakhir,” ujar Dwi Satriyo, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (6/12/2022).

Bantuan paket sembako dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Petrokimia Gresik Peduli & Berbagi tersebut, diserahkan pada BPBD Lumajang di Pusat Posko Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang, sekitar pukul 09.00 WIB. Dengan setiap paket sembako, berisi lima kilogram beras, satu kilogram gula, dan empat bungkus mi instan.

“Kami mendapat informasi dari BPBD Kabupaten Lumajang, ada sekitar 2.489 pengungsi tercatat pada Minggu (4/12/2022) sore. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia. Mereka tinggal di titik pengungsian fasilitas umum seperti sekolah, balai desa, kantor pemerintahan dan masjid. Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat mengurangi beban para korban,” kata Dwi Satriyo.

Baca juga: Ada Erupsi Semeru hingga Cuaca Ekstrem pada 2021, Panen Padi Terganggu, Produksi Beras Turun 0,14 Juta Ton

Menurut informasi yang diterima pihak Petrokimia Gresik, erupsi Gunung Semeru sempat kembali terjadi sejak Minggu (4/12/2022) dini hari, dengan Awan Panas Guguran (APG) turun hingga Minggu siang. Sementara sampai Senin (5/12/2022) siang, status Gunung Semeru ditetapkan masih berada di level IV atau Awas.

“Senin siang, sebagian pengungsi memang banyak yang kembali ke rumahnya, yang berada di zona hijau karena merasa aman. Kendati demikian, saya berharap mereka tetap waspada dan senantiasa taat dengan arahan BPBD, agar semua bisa selamat,” tutur Dwi Satriyo.

Dwi Satriyo menambahkan, Petrokimia Gresik yang telah ditunjuk sebagai Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur, berkomitmen untuk senantiasa tanggap dengan kondisi apapun yang terjadi di wilayah Jawa Timur.

“Kami sebagai bagian dari BUMN harus peduli terhadap lingkungan sekitar, termasuk berkomitmen hadir di tengah masyarakat, seperti di tengah bencana masyarakat Lumajang. Semoga para korban diberikan kekuatan,” ucap Dwi Satriyo.

 Baca juga: Hunian Baru Korban Erupsi Semeru Bakal Dibangun Jadi Desa Modern

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+