Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Profesor Gudono, Besan Jokowi yang Merupakan Pakar Keuangan UGM

Kompas.com - 09/12/2022, 12:42 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah mengadakan pesta besar untuk pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono atau Erina Gudono.

Erina Gudono sendiri merupakan finalis Putri Indonesia dari Yogyakarta. Meski jarang disorot, keluarga Erina pun, bukan dari kalangan biasa.

Erina yang lahir pada 11 Desember 1996 di Philadelphia, Amerika Serikat ini merupakan putri dari begawan ekonomi Profesor Gudono.

Profil Profesor Gudono

Profesor Doktor Gudono (almarhum) adalah akademisi di Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia juga merupakan salah satu pakar ekonomi senior dari kampus biru tersebut, terutama di bidang akuntansi. 

Baca juga: Siapa Pemilik Royal Ambarrukmo yang Jadi Lokasi Pernikahan Kaesang?

Dikutip dari laman ugm.ac.id, Profesor Gudono pernah menjabat sebagai Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Ia meninggal pada usia 54 tahun di RSCM Jakarta akibat serangan jantung pada 22 Juli 2016.

Pria kelahiran Semarang, 26 Mei 1963 ini meninggalkan empat orang anak, termasuk Erina Gudono.

Di UGM sendiri, Profesor Gudono mengabdi cukup lama, yakni 25 tahun. Berbagai posisi jabatan fungsional dan strukutural pernah diembannya, salah satunya menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Pengembangan SDM UGM periode 2002-2004.

Di luar UGM, almarhum juga pernah menjabat sebagai Pejabat Struktural Eselon III A di BPK RI 2006-2010.

Baca juga: Siapa Pemilik Hotel Apurva Kempinski Bali Tempat KTT G20?

Sementara itu dikutip dari laman feb.ugm.ac.id, Profesor Gudono juga pernah menjabat sebagai Ketua Pengelola Program Magister Akuntansi (MAKSI) FEB UGM pada 2013-2015, dan terakhir menjabat sebagai Ketua Program Sarjana Akuntansi FEB UGM pada 2016 hingga wafatnya.

Profesor Gudono menyelesaikan pendidikan Sarjana di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dan melanjutkan pendidikan Master di Murray State University di Kentucky, Amerika.

Pendidikan Doktoral diperoleh di Temple University, Pensylvania, dan Guru Besar dari UGM pada 1 Desember 2011. Yang artinya, Erina Gudono lahir saat ayahnya menempuh pendidikan doktoral di Amerika Serikat.

Beberapa penghargaan yang telah diraih almarhum di antaranya Satyalancana Karya Satya XX tahun dari Presiden RI 2013, Piagam Penghargaan Kesetiaan 25 Tahun dari Rektor UGM pada tahun 2013.

Baca juga: Kereta Cepat Minta Konsesi Jadi 80 Tahun, Menhub Jonan Dulu Menolaknya

Lahir dan besar di keluarga akademisi, tak ayal Erina Gudono juga memiliki latar pendidikan yang baik. Erina meraih gelar sarjana dari UGM dan master dari Universitas Columbia, AS.

Selain itu, ia juga pernah mengambil kursus pendek musim panas di The Chinese University of Hong Kong dalam bidang Bisnis dan Manajemen Ekonomi. Erina Gudono juga pernah mengikuti program pertukaran pelajar ke Showa Women's University of Japan.

Erina Gudono lumayan aktif di sejumlah kegiatan sosial anak muda. Segudang prestasi ini membuatnya mulus menjadi finalis Putri Indonesia 2022.

Dalam konteks kecantikan tersebut, Erina Gudono berhasil tembus hingga 11 besar. Bahkan, dirinya sempat bertemu langsung Presiden Jokowi saat menjalani masa karantina, di mana kini ia menjadi menantu orang nomor satu di Indonesia itu.

Baca juga: Berapa Gaji Jokowi Setelah Jadi Pensiunan Presiden pada 2024 Nanti?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com