Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Tahun Baru, Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Jawa-Bali Aman

Kompas.com - 27/12/2022, 11:42 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyambut perayaan tahun baru, PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) aman.

Direktur Utama Patra Niaga Pertamina Alfian Nasution mengatakan, pihaknya melakukan beberapa strategi untuk menjamin pasokan lancar selama tahun baru.

Alfian mengatakan, tahun baru ini Pertamina Patra Niaga telah menyiagakan layanan satgas jalur tol, layanan satgas rumah sakit siaga dan layanan tambahan berupa SPBU Siaga, SPBU Siaga Jalan Tol, SPBE Siaga, SPBE Kantong, Agen Siaga dan Pertamina Delivery Service (PDS).

Baca juga: Mumpung Masih Tersedia, Cek Harga dan Cara Beli Tiket Kereta Panoramic

Dia menjelaskan, realisasi BBM Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Balinus) sampai dengan 20 Desember 2022 menunjukkan peningkatan hampir seluruh jenis BBM, Pertalite naik 1,01 persen, Pertamax 14,7 persen, Pertamax Turbo 9,8 persen, Solar atau Bio naik 2,6 persen, Dexlite 18,7 persen dan Dex naik 109,7 persen.

"Untuk solar, anomali biasanya libur Natal dan Tahun Baru turun kali ini mengalami kenaikan yang besar 2,6 persen karena memang pertumbuhannya sudah mulai pulih sekarang jadi kenaikannya agak besar, Dexlite naik 18,7 persen dan yang menggembirakan Dex-nya naik 109,7 persen," ungkap Alfian dalam siaran pers, Selasa (27/12/2022).

Sementara itu, untuk konsumsi elpiji, Alfian mengatakan juga terjadi kenaikan saat tahun baru. Pun demikian dengan Avtur yang juga mengalami kenaikan di saat momen perayaan pergantian tahun.

“Kebutuhan elpiji mengalami peningkatan 1,7 persen dari rata-rata konsumsi normalnya untuk sektor rumah tangga, sedangkan avtur naik sebesar 3 persen dari rata-rata normal,” ungkap dia.

Baca juga: Ekspansi Bisnis, Pertamina International Shipping Buka Kantor di Dubai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com