Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Komputer Mati, Ribuan Penerbangan di AS Ditunda dan Dibatalkan

Kompas.com - 12/01/2023, 11:48 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNN

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri penerbangan di Amerika Serikat (AS) perlahan mulai beroperasi setelah sebelumnya Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat (Federal Aviation Administration/FAA) mengumumkan bahwa sistem komputer yang mati berakibat pada penundaan dan pembatalan penerbangan.

Dilansir CNN Internasional Kamis (12/1/2023), FAA menghentikan seluruh penerbangan domestik di Amerika Serikat sejak Rabu (11/1/2023) pagi waktu setempat. Langkah ini dilakukan selama pemulihan sistem.

Maskapai-maskapai terbesar di Amerika Serikat seperti United Airlines, Delta, dan American Airlines menghentikan penerbangan sebagai respons dari pemulihan sistem tersebut.

Baca juga: Soal Jetstar Putar Balik ke Australia, Sandiaga Uno: Maskapai Patuhi Prosedur untuk Keselamatan

Adapun maskapai American Airlines mengimbau para penumpang dapat memesan ulang jadwal penerbangan pada Rabu dan Kamis tanpa biaya tambahan.

Sementara itu, FlightAware melaporkan lebih dari 9.500 penerbangan ke, dari, dan di Amerika Serikat ditunda pada Rabu sore dan sebanyak 1.300 penerbangan dibatalkan.

Penyebab sistem komputer mati masih diinvestigasi

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam, FAA mengatakan, file yang rusak telah menyebabkan sistem komputer mati.

Baca juga: Layani 52,2 Juta Penumpang, AP I Lihat Cahaya Kebangkitan Industri Penerbangan


"Pekerjaan awal kami telah melacak pemadaman ke file database yang rusak. Saat ini, tidak ada bukti serangan siber," kata FAA.

Adapun sistem komputer tersebut dikenal dengan nama Notice to Air Missions (NOTAM). Sistem ini berfungsi mengirimkan peringatan kepada pilot untuk mengetahui kondisi dari segi keselamatan penerbangan pesawat.

Pesan yang diberikan sistem NOTAM dalam komputer ini berupa informasi terkait petunjuk pilot di ruang udara, lampu padam di landasan tertentu, dan menara di dekat bandara.

Baca juga: AirNav Indonesia Layani 72.670 Penerbangan Selama Libur Nataru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com