Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Penipuan, Pendaftaran Kartu Prakerja Belum Dibuka dan Tak Akan Dipungut Biaya

Kompas.com - 27/01/2023, 15:40 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen pelaksana program Kartu Prakerja mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penipuan terkait pendaftaran Kartu Prakerja lantaran sudah banyak pengaduan terkait tawaran pendaftaran.

Melalui akun Instagram resminya @prakerja.go.id, diunggah beberapa tangkapan layar komentar dari netizen yang mengatakan bahwa ada pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja dengan mengharuskan membuka rekening bank-bank tertentu.

Manajemen Kartu Prakerja pun menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menurunkan tim untuk melakukan pendaftaran secara luring (offline) di tingkat desa, kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, dan provinsi.

Baca juga: Peserta Prakerja Wajib Habiskan Dana Insentif Rp 4,2 Juta, jika Tidak, Saldo Ditarik ke Kas Negara

Pendaftaran Kartu Prakerja hanya akan dilakukan secara daring (online) dan secara mandiri, alias tidak melibatkan pihak ketiga. Namun, untuk saat ini pendaftarannya bahkan belum dibuka.

"Seluruh proses pendaftaran akun Kartu Prakerja tidak dipungut biaya dan dilakukan secara mandiri melalui website resmi www.prakerja.go.id. Saat ini proses pendaftaran belum dibuka!," tulis akun @prakerja.go.id, dikutip pada Jumat (27/1/2023).

Terdapat beberapa ciri penawaran pendaftaran Kartu Prakerja palsu yang bisa diwaspadai masyarakat.

Pertama, pelaku mengajak untuk mendaftar secara offline dengn mengharuskan membawa atau mengumpulkan data-data pribadi, seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP, dan lainnya.

Kedua, mengharuskan mengisi formulir tertentu dalam bentuk kertas, aplikasi, ataupun Google Form. Ketiga, mengharuskan membuka rekening bank tertentu dengan melakukan pembayaran setoran dalam jumlah tertentu.

Baca juga: Beasiswa Pelatihan Kartu Prakerja Ditingkatkan, Ini Keterampilan yang Jadi Prioritas

Keempat, menjanjikan kelolosan pendaftaran akun dan gelombang pendaftaran Kartu Prakerja. Semua kegiatan itu dapat dipastikan tindakan ilegal dapat diproses penegak hukum.

Manajemen Kartu Prakerja menegaskan, pendaftaran program Kartu Prakerja tidak memerlukan tahapan pre-registrasi atau pengumpulan data atau mengisi formulir dalam bentuk apa pun.

"Tidak ada pihak mana pun yang dapat menjanjikan dan menjamin kelolokasan pendaftaran gelombang Kartu Prakerja," ungkap manajemen.

Masyarakat pun diimbau untuk berhati-hati dalam menjaga data pribadi dengan tidak mudah memberikannya kepada pihak lain.

"Manajemen pelaksana program Kartu Prakerja tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan datamu oleh pihak-pihak tersebut," tulis pihak Kartu Prakerja.

Baca juga: Manajemen PMO: Pengangguran hingga Fresh Graduate Bisa Ikuti Program Kartu Prakerja 2023

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com