Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Gaji Benaia, Pemuda Kendari yang Lolos Jadi Tentara AS

Kompas.com - Diperbarui 26/03/2023, 03:01 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pemuda kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara, bernama Benaia Manasye Lintjewas (21) menjadi perbincangan di media sosial.

Ia baru saja lulus seleksi menjadi tentara Amerika Serikat (AS) dengan nilai tertinggi di angkatannya. Berbeda dengan fenomena di Indonesia, pendaftaran tentara di negara Paman Sam tidak terlalu diminati warga negaranya.

Pihak keluarga menyebutkan, sebelum menjadi anggota tentara Amerika Serikat, status Benaia masih warga negara Indonesia (WNI). Namun, setelah lulus seleksi tersebut, Benaia dipastikan akan beralih kewarganegaraan AS.

Setelah lulus, Benaia tentunya harus menjalani pelatihan dan pendidikan di kamp militer AS. Setelah itu, ia pun harus siap ditempatkan di mana saja, termasuk andaikata diterjunkan ke zona medan perang.

Baca juga: Kisah Pemuda Asal Kendari Sultra Lolos Jadi Tentara Amerika, Berawal dari Iseng hingga Dapat Peringkat Pertama

Gaji Benaia sebagai tentara AS

Sebagai negara maju sekaligus memiliki angkatan bersenjata terkuat di dunia, personil militer Amerika Serikat tentunya memiliki kesejahteraan yang relatif tinggi dibandingkan negara-negara lain.

Tingkat kesejahteraan tentara AS berlaku sama untuk semua matra antara lain Angkatan Laut (US Navy), Angkatan Darat (US Army), Angkatan Udara (USAF), Angkatan Antariksa (US Space Force), Penjaga Pantai (USCG), dan Marinir (US Marine).

Yang menarik di AS, kendati diiming-imingi gaji dan tunjangan besar, nyatanya peminat masuk ketentaraan di AS sangat minim. Tak banyak warganya yang mendambakan profesi ini.

Dikutip dari laman resmi Military USA.gov, gaji tentara AS dihitung berdasarkan formula kombinasi antara pangkat dan masa pengabdian.

Kepangkatan di AS sendiri terbagi menjadi 3 golongan, yakni golongan E atau Enlisted (Tamtama dan Bintara), W atau Warrant (Pembantu Perwira), O atau Officers (Perwira).

Baca juga: Viral, Video Pemuda Kendari Jadi Tentara AS, Kakak Ipar Ceritakan Awal Mulanya

Sejauh ini, belum ada informasi resmi soal jenjang kepangkatan apa yang diperoleh WNI bernama Benaia Manasye Lintjewas di tentara AS, begitupun informasi terkait kesatuan maupun matranya.

Namun apabila merujuk pada ban pangkat pada lengan kanan seragam yang dipakai Benaia saat upacara kelulusan, maka pemuda tersebut berada di pangkat E-3 (Private First Class) dengan gaji 2.103 dollar AS atau jika dirupiahkan sekitar Rp 31,89 juta per bulannya (kurs Rp 15.160). 

Di Indonesia, pangkat Privat setara dengan Tamtama TNI di Indonesia. Gaji tentara Amerika Serikat terendah adalah adalah E-1 atau pangkat Privat, terpaut dua tingkat di bawah pangkat Benaia. Pangkat Privat sendiri setara dengan Prajurit Dua (Prada) pada jenjang kepangkatan TNI di Indonesia.

Disebutkan, gaji per bulan yang diterima tentara AS dengan pangkat Private atau E-1 dengan masa kerja kurang dari empat bulan adalah sebesar 1.640 dollar AS atau sekitar Rp 24,87 juta.

Baca juga: Besaran Gaji TNI Plus Tunjangannya, dari Tamtama hingga Jenderal

Apabila tentara AS dengan pangkat Private sudah bekerja selama lebih dari dua bulan namun masih di bawah 2 tahun, gaji per bulannya akan naik menjadi 1.785 dollar AS atau sekitar Rp 27,07 juta.

Gaji tersebut akan terus meningkat seiring dengan lamanya masa pengabdian. Untuk gaji tentara AS paling tinggi, tentunya dipegang oleh jenderal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com