Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Lewat Kemitraan dengan Ritel Modern, Mendag Zulhas Dorong Peningkatan Daya Saing UMKM Warung

Kompas.com - 14/04/2023, 11:33 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong peningkatan daya saing UMKM toko dan warung tradisional melalui kemitraan dengan ritel modern dan grosir modern.

“Melalui kemitraan ini, warung akan mendapatkan beberapa keuntungan, antara lain jaminan pasokan barang dengan harga kompetitif, pendampingan usaha, serta dukungan manajemen ritel yang modern,” kata Zulhas dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman kemendag.go.id, Jumat (14/4/2023).

Hal tersebut dikatakan Mendag Zulhas usai meresmikan Warung Muhammadiyah Ahmad Dahlan (MuAD) dan menghadiri Peletakan Batu Pertama TrenMart di Metro, Bandar Lampung, Kamis (13/4/2023).

Keuntungan lain dari kemitraan tersebut, lanjut Zulkifli, yaitu tersedianya digitalisasi pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan penjualan produk-produk digital seperti pulsa, token listrik, dan pembayaran berbagai tagihan.

Baca juga: Potret Toleransi di Banda Aceh, Warung Makan Kawasan Pecinan Tetap Buka Selama Ramadhan

Ia menyatakan, pihaknya mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pengembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), seperti toko dan warung tradisional.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut juga hadir Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto, Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag Isy Karim.

Selain itu, hadir pula Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Fajarini Puntodewi, Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin, serta Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com