Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank "The Big Four" Tebar Dividen Jumbo, Siapa Paling Besar?

Kompas.com - 19/04/2023, 05:37 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten perbankan kembali mencatatkan kinerja yang ciamik sepanjang tahun lalu. Hal ini terefleksikan dari pertumbuhan laba bersih signifikan emiten perbankan, utamanya yang termasuk dalam kategori "The Big Four".

The Big Four yang terdiri dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mencatatkan pertumbuhan laba bersih double digit. Bahkan, BRI dan BNI membukukan kenaikan laba lebih dari 60 persen secara tahunan.

Seiring dengan kinerja positif tersebut, bank-bank raksasa itu memutuskan untuk membagikan dividen tahun buku 2022 yang lebih besar dari tahun sebelumnya. Lantas, bank mana yang membagikan dividen paling besar untuk tahun buku 2022?

Baca juga: Siap-siap, BTN Bakal Tebar Dividen Rp 43,39 Per Saham

1. BRI

Bank spesialis UMKM ini membagikan dividen sebesar Rp 43,49 triliun pada kinerja keuangan tahun buku 2022. Dengan nilai tersebut, BRI tercatat sebagai bank nasional yang memberikan dividen paling besar.

Adapun nilai dividen sebesar Rp 43,49 triliun itu setara dengan 85 persen dari laba bersih perseroan. Dividen tersebut terbagi menjadi dua, yakni dividen interim yang telah dibayarkan terlebih dahulu sebesar Rp 8,6 triliun atau Rp 57 per saham dan dividen tunai sebesar Rp 38,49 triliun atau Rp 231,22 per saham.

Besarnya dividen yang dibagikan BRI selaras dengan torehan laba bersih perseroan, yakni sebesar Rp 51,40 triliun, tumbuh 67,15 persen secara tahunan. Nilai laba bersih itu juga menjadi yang paling besar di industri perbankan nasional.

Sebagai informasi, rangkaian pembayaran dividen tunai BRI sudah dilakukan sejak akhir Maret lalu. Pembayaran dividen sendiri terlaksana pada 12 April lalu.

Baca juga: Jadwal Pembagian Dividen Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN


2. BCA

Peringkat kedua bank dengan dividen terbesar ditempati oleh BCA. Bank swasta nasional terbesar ini total membagikan dividen sebesar Rp 25,3 triliun, setara 62,1 persen dari laba.

Nilai dividen yang setara Rp 205 per saham itu telah memperhitungkan dividen interim yang telah dibayarkan perseroan pada pengujung 2022. Pada Desember tahun lalu, BCA telah membagikan dividen interim sebesar Rp 4,31 triliun atau setara Rp 35 per saham.

Sepanjang tahun lalu, BCA memang mencatatkan kinerja yang apik. Tercatat laba bersih perusahaan melesat 29,6 persen secara tahunan menjadi Rp 40,7 triliun.

Adapun rangkaian pembayaran dividen tunai telah dilaksanakan BCA pada Maret lalu. Pembayaran dividen sudah dilakukan pada 14 April lalu.

Baca juga: Siap-siap, BCA Bakal Tebar Dividen Rp 205 Per Saham

3. Bank Mandiri

Kemudian, peringkat ketiga bank dengan dividen terbesar ditempati Bank Mandiri. Bank pelat merah ini membagikan dividen sebesar Rp 24,7 triliun atau setara Rp 529,3 per saham untuk tahun buku 2022.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com