Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Pastikan Kesiapan Listrik di Labuan Bajo Saat KTT ASEAN Summit 2023

Kompas.com - 23/04/2023, 16:14 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) memastikan keandalan listrik di Labuan Bajo saat pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023 pada 9-11 Mei 2023 mendatang.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT I Gede Agung Sindu Putra mengatakan, seluruh infrastruktur kelistrikan di wilayahnya, mulai dari pembangkit hingga jaringan transmisi dan distribusi dalam kondisi prima untuk memasok listrik ke seluruh lokasi kegiatan.

"Kami pastikan keandalan operasi sistem kelistrikan yang andal dari pembangkit, transmisi dan juga distribusi di Labuan Bajo yang merupakan lokasi destinasi wisata super prioritas," ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Minggu (23/4/2023).

Baca juga: Di Depan IEA, Dirut PLN Paparkan Strategi Transisi Energi RI

Ia menuturkan, pengamanan kelistrikan utama akan dilakukan di venue kegiatan, seperti Hotel Meruorah dan Ayana Resort.

PLN juga memastikan pasokan listrik aman di Plataran Komodo dan Sudamala Resort yang menjadi tempat menginap para delegasi KTT ASEAN Summit 2023.

“Kami juga memastikan pasokan listrik aman di objek vital lainnya seperti rumah sakit, posko pengamanan dan juga kawasan wisata. Kami menyiagakan personel dan alat pendukung listrik," ungkap Sindu.

PLN tekah menyiagakan 320 personel untuk memitigasi risiko dalam melakukan pengamanan dan menjawab kebutuhan pelanggan saat perhelatan KTT ASEAN mendatang.

Selain itu, menyiapkan pula peralatan pendukung seperti 47 set uninterruptible power supply (UPS), 21 set unit gardu bergerak (UGB), 6 set unit kabel bergerak (UKB) dan 34 unit genset.

Di sisi lain, untuk mendukung mobilisasi kendaraan listrik kepala negara, delegasi dan operasional, PLN pun mempersiapkan 7 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) fast charging di halaman Kantor Bupati Manggarai Barat.

Menurutnya, progres kesiapan penyediaan 7 SPKLU tersebut sudah mencapai 75 persen, dan diperkirakan akan rampung pada minggu ke-4 April 2023.

Selain itu, PLN juga sedang mempersiapkan 100 standing home charging yang tersebar di lokasi area parkir hotel tempat menginap kepala negara dan delegasi.

"PLN juga sudah melipatkan ketahanan listrik di Labuan Bajo. Jadi untuk buffer gelaran KTT ASEAN Summit 2023 diupayakan aman dan berjalan lancar," kata dia.

Adapun untuk memastikan keandalan listrik, dibentuk pula Flores Control Center, yang di dalamnya terdapat Regional Control Center (RCC) Flores dan Distribution Control Centre (DCC) Maumere.

Infrastruktur tersebut merupakan pusat kontrol penyaluran listrik sistem Flores dari Labuan Bajo sampai dengan Maumere, sekaligus menjadi pusat kontrol distribusi listrik Pulau Flores.

“Saat ini kami terus memperkuat keandalan sistem pembangkit dengan memastikan ketersediaan energi primer tercukupi dan uprating jaringan di sisi distribusi," kata Sindu.

Baca juga: SPKLU Mobile di Tol, Siap Datangi Mobil Listrik yang Habis Daya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com