Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Alhamdulillah Baru Pertama Ini, Lebaran Enggak Ada yang Protes soal Sembako

Kompas.com - 23/04/2023, 07:09 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim stok dan harga Sembilan Bahan Pokok alias Sembako terkendali dan cenderung murah selama Ramadhan dan Lebaran 2023.

Bahkan, menurut dia, hal ini menjadi moment pertama Lebaran yang ibu-ibunya tidak protes soal sembako.

"Kalau stok sembako, Alhamdulillah baru pertama ini kan Lebaran enggak ada yang protes, enggak ada yang kekurangan karena memang bahannya cukup, dan cenderung beberapa bahan pokok itu turun harganya," ujarnya kepada media, Sabtu (22/4/2023).

Baca juga: Tinjau Pasar Murah, Mendag Zulhas Traktir Warga Belanja Bawang hingga Tepung

Oleh sebab itu, dia meminta masyarakat tidak khawatir jika ingin berbelanja lantaran stoknya aman.

"Jadi tidak usah khawatir, bapak ibu di manapun, ibu-ibu terutama, untuk belanja ke pasar ketersediaannya banyak. Jadi belanja secukupnya, semua lengkap, cukup," kata pria yang kerap disapa Zulhas itu.

"Saya berterima kasih kepada Gubernur, Bupati, Walikota, Menteri Luar Negeri, Badan Pangan, Menteri Pertanian dan Satgas Pangan, semua kerja sama ini sehingga menghasilkan ketersediaan cukup, distribusi lancar dan harga turun," sambung sambung

Sementara itu mengutip dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional per tanggal 21 April 2023, harga komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga adalah daging sapi yang tembus Rp 130.550 per kilogram, minyak goreng curah tembus Rp 15.400 per kikogram, dan beras kualitas bawah II yang naik Rp 250 menjadi Rp 12.250 per kilogram.

Sementara komoditas pangan yang harganya turun adalah cabai merah keriting turun menjadi Rp 39.300 per kilogram, cabai merah besar turun sebesar Rp 6.950 menjadi Rp 40.550 per kilogram, dan bawang merah ukuran sedang turun sebesar Rp 4.150 per kikogram menjadi Rp 32.500 per kilogram.

Baca juga: Mendag Peringatkan Pelaku Usaha Jangan Timbun dan Mainkan Harga Sembako

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com