Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Sebut Antrean SPBU Pertamina Lebih Lancar, DPR: Waspada Arus Balik

Kompas.com - 24/04/2023, 15:16 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pemudik menceritakan pengalaman mudiknya via jalur darat, dan menyebutkan bahwa antrean SPBU Pertamina musim mudik tahun ini lebih lancar.

Padahal, jumlah pemudik via darat tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu.

Komaidi Notonegoro, pengamat energi dan Direktur Eksekutif Reforminer Institute yang juga pemudik, menceritakan selama perjalanannya mudik ke wilayah Jawa Timur. Ia menyebutkan jika tidak menemukan adanya antrean panjang di SPBU Pertamina.

"Sepanjang perjalanan mudik saya melihat ketersediaan BBM aman. Saya mampir pada sejumlah SPBU di beberapa rest area aman ketika saya tanya ketersediaan," ujar Komaidi melalui keterangannya, Senin (24/4/2023).

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Arti Kode 31, 33, dan 34 di SPBU Pertamina

Pemudik lainnya, Fazri, menceritakan pengalamannya menuju Cirebon dari Jakarta. Ia mengaku tidak terlalu khawatir terhadap ketersediaan bahan bakar di mudik kali ini.

Padahal jalur yang ditempuh sudah dipadati kendaraan. Fazri mengaku, ia bahkan sempat terjebak dalam kemacetan di wilayah Karawang Timur.

Menurut Fazri, dukungan dan pelayanan Pertamina saat momen Lebaran dari tahun ke tahun makin bagus. Pemudik tak perlu khawatir BBM habis di jalan.

"Karena banyak petugas SPBU siaga 24 jam. Mereka juga siap jemput bola, pakai motor kalau ada kendaraan yang kehabisan BBM di tengah jalan," ujar Fazri.

Baca juga: Antisipasi Antrean Panjang di SPBU, Pertamina Siapkan Mobil Tangki Dispenser

DPR: persiapkan arus balik

Mulyanto, anggota Komisi VII DPR RI mengapresiasi kesigapan stakehokder terkait selama periode mudik Lebaran 2023.

Menurut dia, tahun ini semua stakeholder yang terlibat terlihat lebih matang dari sisi persiapan.

"Alhamdulillah. Tidak banyak antrean kendaraan di SPBU yg dilaporkan dalam jalur mudik kemarin, termasuk pada saat puncak mudik sekitar tanggal 20 April lalu. Tentunya ini atas upaya persiapan yang baik dari Pertamina pihak SPBU, BPH Migas dan aparat lainnya," ungkap Mulyanto di Jakarta (23/4/2023).

Mulyanto meminta Pertamina dan Pemerintah jangan terlena. Pasalnya, arus balik kendaraan pasca pulang kampung tinggal beberapa hari lagi.

"Ini harus kembali dipersiapkan dengan baik," katanya.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas Mudik, Pertamina Siapkan 391 SPBU Berjalan

Jumlah pemudik Lebaran 2023

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah pemudik pada Lebaran tahun ini diperkirakan bakal mengalami kenaikan secara nasional.

"Kami melaporkan bahwa terjadi suatu kenaikan jumlah saudara-saudara kita yang mudik dari 85 juta menjadi 123 juta orang," ujar Budi Karya usai rapat terbatas yang membahas mudik bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Khusus untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), peningkatan terjadi dari 14 juta menjadi 18 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com