Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 1,6 Juta Kendaraan Melintas Tol Tangerang Merak pada Periode Arus Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 24/04/2023, 15:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Tangerang-Merak melaporkan lalu lintas arus mudik Lebaran tahun 2023 di ruas jalan Tol Tangerang-Merak ada sebanyak total 1.665.567 kendaraan.

Jumlah tersebut terhitung sejak H-10 atau tanggal 12 April 2023 sampai dengan hari kedua Lebaran tanggal 23 April 2023.

Tercatat, puncak trafik tertinggi terjadi di Gerbang Tol Merak yang menyentuh angka 21.716 kendaraan per hari yang merupakan rekor lalu lintas Gerbang Tol Merak sepanjang tahun.

Baca juga: Hingga Hari H Lebaran, ASDP Catat 920.054 Orang Menyeberang dari Jawa ke Sumatera

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang Merak Uswatun Hasanah mengatakan, arus mudik tahun ini di ruas jalan Tol Tangerang-Merak cenderung normal lancar.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain efektifnya upaya peningkatan kapasitas layanan transaksi, peningkatan kapasitas lajur jalan tol maupun layanan pendukung di ruas Tol Tamer, seperti kapasitas parkir dan toilet.

Selain itu, pengaruh lainnya adalah pengelolaan trafik, di antaranya mekanisme distribusi lalu lintas kendaraan angkutan ke tiga pelabuhan, yaitu Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara, serta efektivitas sosialisasi pembatasan kendaraan angkutan barang sehingga angkutan barang melintas lebih awal.

"Meskipan demikian, kami tetap memberikan layanan ekstra dan apresiasi bagi pengguna jalan yang melintas. Terpantau sampai dengan hari ini layanan tambahan transaksi dan layanan pendukung seperti area parkir dan toilet termanfaatkan dengan layak," ujar dia dalam keterangan resmi, Senin (24/4/2023).

Baca juga: Libur Lebaran 2023, Bos Pertamina: Tidak Ada Kelangkaan BBM di Jalur-jalur Mudik

Ia mengatakan, Astra Tol Tangerang Merak tetap siaga mengantisipasi arus balik Lebaran 2023, yang diprediksi mulai meningkat signifikan pada tanggal 29 April sampai 1 Mei 2023.

Adapun puncak mudik diprediksi tanggal 30 April 2023, dengan estimasi 174.294 kendaraan melintas.

"Asumsi kami pemudik masih akan extend cuti setelah cuti bersama habis, mengingat 1 Mei 2023 ini tanggal merah," imbuh dia.


Kesiapan yang dilakukan oleh Astra Tol Tangerang Merak dalam mengantisipasi puncak arus balik Lebaran 2023, di antaranya tetap memaksimalkan layanan transaksi gardu reguler pada gerbang-gerbang favorit, seperti entrance Merak, Cilegon Timur, Serang Timur, dan exit Cikupa.

Selain itu, pihaknya juga memberikan diskon tarif jarak terjauh (Cikupa-Merak) sebesar 20 persen untuk semua golongan kendaraan.

Diskon akan diberikan kepada calon pemudik yang mau menunda perjalanan baliknya pada tanggal 27 April 2023 pukul 06.00 sampai 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

"Melalui diskon tarif yang diberikan pada tanggal-tanggal tersebut, pihak Astra Tol Tangerang Merak berharap lalu lintas arus balik akan terdistribusi merata dan tidak terjadi penumpukan di jalan tol," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com