Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang KTT ASEAN, Menhub Pastikan Kesiapan Transportasi di Labuan Bajo

Kompas.com - 07/05/2023, 07:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi jelang perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42.

Adapun pertemuan para pimpinan negara-negara Asia Tenggara tersebut yang akan berlangsung pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menhub Budi Karya meninjau langsung sarana dan prasarana di Labuan Bajo mulai dari bandara, moda transportasi darat, hingga kapal pada hari ini, Sabtu (6/5/2023).

Berdasarkan tinjauannya, Menhub pun memastikan bandara yang akan menjadi tempat pendaratan pesawat para delegasi, baik dari Indonesia maupun dari negara anggota ASEAN, sudah memiliki kesiapan yang baik.

Baca juga: Jelang KTT ASEAN, Kementerian PUPR Prioritaskan Pembangunan di Labuan Bajo-Tana Mori

"Beberapa hari lagi kita akan kedatangan banyak tamu dari ASEAN. Kalau dilihat persiapan kita sudah baik sekali. Bahkan warga (Labuan Bajo) juga turut menyambut gembira," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/6/2023).

Ia menuturkan, fasilitas di Bandara Komodo baik di sisi darat maupun sisi udara telah siap untuk melancarkan penerbangan VVIP dan komersial.

Bandara Komodo memiliki panjang runway 2.650 dan lebar 45 meter yang dapat melayani pesawat tipe A320 dan B738, luas apron mencapai 31.000 m2 untuk 7 parking stand dengan rincian 4 pesawat narrow body dan 3 pesawat propeller.

Bandara ini juga memiliki terminal penumpang seluas 13.366 m2 yang dapat memuat penumpang hingga 1,1 juta orang per tahunnya.

Kemenhub juga telah menyiapkan bandara alternatif terdekat dengan Bandara Komodo sebagai tempat parkir pesawat para delegasi guan melancarkan pergerakan pesawat.

Baca juga: KTT ASEAN Ke-42, Kemenhub Siapkan Kapal KM Sinabung untuk Akomodasi Terapung

Bandara alternatif itu yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bandara Lombok Praya, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar dan Bandara El Tari di Kupang.

Sejumlah fasilitas pendukung turut disiapkan untuk mendukung kegiatan KTT ASEAN, meliputi fasilitas pemeriksaan Custom, Immigration and Quarantine (CIQ), dan fasilitas helipad untuk medical evacuation.

Pada fasilitas transportasi darat, Kemenhub menyediakan bus hiace sebanyak 25 unit dengn 30 awak pengemudi yang mengetahui karakteristik dan kondisi jalan di Labuan Bajo.

Bus-bus tersebut akan menjadi shuttle yang akan melayani mobilitas para delegasi, panitia, dan juga awak media peliput, dari dan ke bandara serta hotel dan venue kegiatan.

Budi Karya juga memastikan kesiapan Kapal KM Sinabung yang difungsikan sebagai hotel terapung sepanjang 6-12 Mei 2023. Kapal ini telah bersandar di Dermaga Marina Labuan Bajo dan sudah di bisa digunakan bagi tim pendamping delegasi negara ASEAN.

Baca juga: Jelang KTT ASEAN 2023, PLN Siapkan 108 SPKLU di Labuan Bajo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com