Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Tarif 4 Ruas Tol Ini Bakal Naik dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 11/05/2023, 08:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) bakal menaikkan tarif beberapa ruas tol dalam waktu dekat. Namun masih belum diketahui berapa besaran kenaikannya.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, terdapat dua tol yang akan disesuaikan tarifnya dalam waktu dekat, yaitu Tol Medan-Binjai dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Setelah itu, dua tol lainnya akan menyusul yakni Tol Palembang-Indralaya dan Tol Pekanbaru-Dumai.

"Terkait dengan penyesuaian tarif tentunya segera kita sosialisasikan begitu semua terkait dengan segala pemenuhan yang harus kita penuhi sudah kita sesuaikan," ujarnya dalam Diskusi Evaluasi Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023 di Media Center Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Baca juga: Sudah 2 Pekan, Semburan Api di Rest Area KM 86B Tol Cipali Masih Belum Padam

Dwi mengatakan, untuk tarif Tol Medan-Binjai, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, dan Tol Palembang-Indralaya seharusnya sudah disesuaikan sejak 2021 atau 2022. Sementara untuk tarif Tol Pekanbaru-Dumai seharusnya naik pada September atau Oktober mendatang.

Hal ini sesuai dengan, Undang-undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Jalan yang menyebutkan penyesuaian tarif jalan tol dapat dilakukan setiap 2 tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol.

Dia mengungkapkan, alasan dibalik molornya penyesuaian tarif Tol Medan-Binjai karena adanya penambahan investasi oleh perseroan di interchange di Tanjung Mulia sehingga perlu dilakukan perhitungan ulang.

"Jadi bukan hanya inflasi saja tapi karena ada penambahan terkait investasi atau perubahan lingkup. tapi akan segera kami infokan," jelasnya.

Dia menuturkan, penyesuaian tarif Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Palembang-Indralaya saat ini masih dalam pemeriksaan oleh regulator untuk disetujui dan diharapkan penyesuaian tarif ini dapat segera disetujui oleh regulator.

Baca juga: Evaluasi Mudik 2023, Kemenhub Usul Tol Cipali Jadi 3-4 Lajur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com