Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSI Janji Jaga Data Nasabah, "Satpam" Siber Dikerahkan

Kompas.com - 14/05/2023, 13:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengungkapkan bahwa seluruh layanan perbankan perseroan sudah berangsur normal dan pulih.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, pihaknya senantiasa meningkatkan dan melakukan perbaikan pengamanan sistem IT perseroan berdasarkan pedoman dan standar yang ditetapkan.

“Gangguan di IT BSI sebenarnya telah dapat dipulihkan (recover operation) segera dan ini merupakan respons recovery yang baik. Prioritas utama kami menjaga data dan dana nasabah,” ujar Hery dalam siaran pers, Sabtu (13/5/2023).

Baca juga: Saham BSI Tetap Menguat meski Layanan Sempat Error Berhari-hari

Hery mengatakan, pihaknya juga terus memperkuat keamanan teknologi perseroan dalam divisi khusus yang berada di bawah Chief Information and Security Officer (CISO).

“CISO ini kerjanya sama seperti satpam fisik, melakukan ronda, tapi ronda dari sisi teknologi. CISO akan melihat titik-titik weak point yang harus ditutup. Itu adalah satu upaya untuk melindungi data-data nasabah,” lanjut Hery.

“BSI terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan otoritas terkait, akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan dan comply terhadap aturan yang berlaku,” tambahnya.

Baca juga: Bikin Panik Nasional, Tim IT OJK Turun Tangan Periksa Error BSI


Seperti diketahui, layanan BSI sempat mengalami error dalam beberapa hari belakangan. Namun, kini baik kantor cabang, ATM maupun mobile banking khususnya fitur-fitur basic sudah dapat dipulihkan, sehingga dapat digunakan oleh nasabah untuk bertransaksi.

Untuk memudahkan masyarakat, BSI juga membuka operasional 434 kantor cabang se-Indonesia di akhir pekan ini, 13-14 Mei 2023.

Sedangkan untuk mendukung layanan customer care, BSI juga membuka operasional pada akhir pekan ini untuk layanan customer care, dengan layanan penyetoran, khusus untuk nasabah institusi dan mitra bayar.

Baca juga: Sempat Error 4 hari, BSI Operasikan 434 Kantor Cabang di Sabtu-Minggu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com