Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaji Stasiun yang Bakal Difasilitasi Check-in Pesawat, KCI: yang Hampir Pasti Itu BNI City

Kompas.com - 29/05/2023, 19:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter (KCI) tengah mengkaji stasiun mana saja yang akan difasilitasi check-in pesawat. Stasiun yang dikaji merupakan stasiun kereta yang dilewati oleh Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, untuk sementara ini kandidat stasiun yang akan disediakan fasilitas check-in pesawat ialah Stasiun BNI City.

"Hari ini juga kami melakukan langsung ya dengan adanya arahan dari Pak Menhub kemarin kunjungan bersama Pj Gubernur. Kami sedang melakukan kajian, stasiun mana yang paling tepat untuk dilakukan check-in. Tapi sementara ini yang sudah mungkin hampir pasti itu di BNI City," ujarnya di Kantor PT KCI Stasiun Juanda, Jakarta, Senin (29/5/2023).

Untuk menentukan stasiun mana saja yang akan difasilitasi, dalam waktu dekat KCI akan menemui operator Bandara Soekarno-Hatta yakni PT Angkasa Pura II (Persero) dan maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia Group dan Lion Air Group.

Baca juga: Fasilitas Check-in Pesawat Bakal Tersedia di Stasiun

"Stasiun-stasiun mana yang nanti bisa dijadikan untuk check-in pesawat, kami juga perlu komunikasi ke Angkasa Pura, kemudian juga ke operator penerbangan," ucapnya.

Selain itu, komunikasi dengan operator bandara dan maskapai juga perlu dilakukan untuk menyesuaikan jadwal antara Kereta Bandara Soekarno-Hatta dan jadwal penerbangan.

Terlebih per 1 Juni nanti jadwal Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan mengalami perubahahan lantaran adanya penambahan jumlah perjalanan sebanyak 16 perjalanan menjadi 56 perjalanan.

"Langsung tadi kita cek kondisinya seperti apa pasca penambahan kereta Bandara. Ini kan perlu koneksi ke kesiapan Garuda, mana dulu, Lion, lainnya. Jadi target paling dekat menemui operator," jelasnya.

Kendati demikian, dia tidak dapat memastikan kapan kajian penyediaan fasilitas check-in pesawat di stasiun ini akan rampung. Sebab, usulan ini baru saja dicetuskan kemarin oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Nanti (target kajiannya). Kan baru kemarin sore," kata Anne.

Baca juga: Mulai 1 Juni KCI Tambah Perjalanan Commuter Line di Stasiun Manggarai pada Jam Sibuk

Sebagai informasi, stasiun yang dilewati oelh Kereta Bandara Soekarno-Hatta atau Commuter Line Basoetta, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, Stasiun Basoetta.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan untuk menyediakan fasilitas check-in pesawat di stasiun kereta agar dapat memudahkan masyarakat yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami akan pikirkan bagaimana check-in itu tidak perlu di bandara tetapi bisa di Stasiun Manggarai atau Bekasi," ujar Menhub dalam keterangan tertulis, Minggu (28/5/2023).

Selain itu, Kemenhub juga berencana menyediakan konter bagasi di stasiun-stasiun bagi masyarakat yang menggunakan kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Pasalnya, setiap masyarakat dari dan ke bandara pasti membawa barang yang cukup banyak karena moda transportasi udara biasanya digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Dengan adanya konter bagasi ini, maka penumpang pesawat hanya perlu mengumpulkan barang bawaannya di satu konter yang tersedia di stasiun sehingga tidak perlu repot mengangkut barang sendiri.

"Begitupun sebaliknya dari bandara, bisa ambil barangnya di stasiun tujuan," kata Menhub.

Baca juga: KAI Permak Kereta Ekonomi: Kursi Tak Lagi 90 Derajat, Toilet-nya Duduk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com