Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Hubungan Dagang, Mendag Pertemukan Pengusaha RI dan Arab Saudi dalam Satu Meja

Kompas.com - 31/05/2023, 11:50 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mempertemukan pengusaha-pengusaha Indonesia dan Arab Saudi di acara Indonesia-Saudi Arabia Networking Dinner yang berlangsung di Jakarta, Selasa (30/5/2023), malam.

Dalam kesempatan itu, dia mengajak para pengusaha Indonesia dan Arab Saudi duduk satu meja untuk meningkatkan dan mempererat hubungan dagang kedua negara.

Mendag Zulhas dalam sambutannya mengapresiasi para delegasi pengusaha Arab Saudi dan juga Indonesia atas suksesnya acara Forum Bisnis Indonesia-Arab Saudi. Dia menilai pelaku usaha dari kedua negara antusias dalam menjalin relasi.

Baca juga: Mendag Zulhas: Pengusaha Besar RI-Arab Saudi Harus Bertemu untuk Tingkatkan Perdagangan

“Terlihat pelaku usaha dari kedua negara sangat antusias untuk menjalin relasi bisnis yang saling menguntungkan,” ujar Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/5/2023).

Menurut dia, Indonesia dan Arab Saudi memiliki potensi kerja sama yang besar. Dia mengatakan dalam hal ini Indonesia dan Arab Saudi juga merupakan pemimpin di kawasan masing-masing serta sedang giat membangun infrastruktur di berbagai sektor.

“Namun, bisnis yang berkembang antarkedua negara saat ini baru mencakup lingkup usaha kecil dan menengah (UKM), umrah dan haji, serta tenaga kerja,” kata Zulhas.

Baca juga: Arab Saudi Belum Beri Restu Indonesia Investasi Properti di Mekkah

Pada kesempatan ini, Mendag Zulhas didampingi oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi. Sedangkan untuk pengusaha yang hadir adalah Chairul Tanjung, Marthias Fangiono, Boy Thohir, Peter Sondakh, Anthony Salim, Umar Bakadam dan lainnya.

Turut hadir juga pada acara itu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H Amodi, Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Jeddah Eko Hartono, dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid.

Baca juga: Ditanya Soal Izin Eskpor Pasir Laut, Mendag Zulhas Pilih Tak Mau Berkomentar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com