Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Ekspor Pasir Laut RI Dibuka, Singapura Paling Diuntungkan | Kemenperin Kukuh Tak Restui Impor KRL Bekas Jepang

Kompas.com - 02/06/2023, 05:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

1. Singapura Paling Diuntungkan dengan Ekspor Pasir Laut RI

Dikutip dari Reuters, sebelum pelarangan, Indonesia adalah pemasok utama pasir laut Singapura untuk perluasan lahan melalui reklamasi. Pasir-pasir impor diambil dari gugusan pulau di sekitar Kepulauan Riau, dengan pengiriman rata-rata lebih dari 53 juta ton per tahun antara tahun 1997 hingga 2002.

Otoritas Kelautan dan Pelabuhan Singapura saat ini sedang merencanakan dan merancang fase ketiga dari mega proyek Pelabuhan Tuas, dengan pekerjaan reklamasinya diharapkan akan selesai pada pertengahan 2030-an.

Proyek pelabuhan yang bakal dibangun di atas lahan reklamasi itu tentunya membutuhkan pasir dalam jumlah besar untuk menguruk kedalaman laut.

Dikutip dari Harian Kompas, karena tingginya permintaan pasir laut, kala itu marak eksploitasi pasir laut adalah Kepulauan Riau. 

Sejak 1976 hingga 2002, pasir dari perairan Kepri dikeruk untuk mereklamasi Singapura. Volume ekspor pasir ke Singapura sekitar 250 juta meter kubik per tahun.

Pasir dijual dengan harga 1,3 dollar Singapura per meter kubik, padahal seharusnya harga dapat ditingkatkan pada posisi tawar sekitar 4 dollar Singapura. Dengan selisih harga itu, Indonesia rugi sekitar 540 juta dollar Singapura atau Rp 2,7 triliun per tahun.

Selengkapnya baca di sini.

2. Hari Ini, Pertamina Turunkan Harga Pertamax hingga Pertamina Dex

PT Pertamina (Persero) justru kembali melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi per 1 Juni 2023. Dikutip dari laman resmi Pertamina, semua BBM nonsubsidi jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex harganya turun.

Sebagai contoh di Provinsi DKI Jakarta, harga Pertamax pada bulan sebelumnya dipasarkan Rp 13.300 per liter, kini menjadi Rp 12.500 per liter. Begitu juga dengan Pertamax Turbo, turun harga menjadi Rp 13.600 per liter, dibandingkan Mei pada level Rp 15.000 per liter.

Kemudian Dexlite juga berubah harga yang semula Rp 13.700, sekarang menjadi Rp 12.650 per liter. Sama halnya dengan Pertamina Dex turun menjadi Rp 13.250 per liter, dari harga sebelumnya Rp 14.600 per liter. Tetapi DKI Jakarta berdasarkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek, justru harga Pertamax yang dipasarkan sebesar Rp 12.400 per liter.

Selengkapnya klik di sini

3. 5 Kereta Api Baru Diluncurkan Hari Ini, KAI Hadirkan Promo Tiket mulai Rp 20.000

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) meluncurkan 5 kereta api baru pada Kamis (1/6/2023) di 4 stasiun, yaitu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Jember.

Adapun kereta baru tersebut adalah KA Argo Merbabu, KA Banyubiru, KA Manahan, KA Argo Semeru, dan KA Pandalungan. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, peluncuran 5 kereta api baru ini merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 yang berlaku terhitung mulai 1 Juni.

Banyak kereta api yang mengalami percepatan waktu tempuh dan perubahan jadwal keberangkatan.

Selama Juni ini, KAI menawarkan promo tiket kereta api dengan jumlah terbatas untuk KA Pandalungan sebesar Rp 300.000, KA Argo Semeru Rp 250.000, KA Argo Merbabu Rp 200.000, KA Manahan Rp 200.000, serta KA Banyubiru kelas eksekutif Rp 30.000 dan kelas ekonomi Rp 20.000.

Selengkapnya klik di sini

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com