Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tembus Kecepatan 220 Km Per Jam

Kompas.com - 13/06/2023, 15:05 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) jelang pengoperasian pada Agustus 2023.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, pengujian dilakukan secara berkala dengan rute Stasiun Tegalluar, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Halim.

Dalam uji coba terakhir, kecepatan kereta inspeksi (Comprehensive Inspection Train/CIT) KCJB telah mencapai 220 kilometer (km) per jam. Kecepatan ini akan terus ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai puncak kecepatan teknis di angka 385 km per jam.

Baca juga: Lowongan Kerja di Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Cek Persyaratannya

"Saat ini laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB telah menembus angka 220 km per jam. Hal ini merupakan sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia yang akan segera memiliki kereta api kecepatan tinggi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/6/2023).

Dia mengungkapkan, uji coba dengan kereta inspeksi ini membuat seluruh parameter sarana dan prasarana KCJB dapat terdeteksi selama proses pengujian.

Dengan demikian, tahapan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan testing dan commisioning secara internal yang dilaksanakan oleh kontraktor dapat tercapai.

Baca juga: Bantah Isu Molornya Jadwal Operasional Kereta Cepat, Luhut: Tidak Ada Masalah, Semua Terkendali


Selain penyempurnaan prasarana untuk peningkatan laju KCJB, secara paralel proses sertifikasi atau izin operasi KCJB juga dipersiapkan bersama-sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Saat ini juga tengah dilakukan diskusi antara KCIC, kontraktor KCJB, Kemenhub, dan pihak terkait lainnya selama tiga hari di Bandung, Jawa Barat untuk membahas persiapan pengujian dan mengumpulkan berbagai data dan dokumen yang dibutuhkan guna melengkapi persayaratan yang ditetapkan Kemenhub.

"Kami dengan Kemenhub saat ini sedang menyiapkan uji pertama kelaikan sarana dan prasarana KCJB sebagai bagian dari tahapan untuk mendapatkan ijin operasi. KCIC akan mematuhi dan mengikuti sepenuhnya regulasi yang ditetapkan Kemenhub," tuturnya.

Baca juga: Juni Ini Luhut Ajak DPR Uji Coba Kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung 300 Km

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com