Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Buat Rekening BCA Online dari HP Antiribet

Kompas.com - 25/06/2023, 10:20 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Cara buat rekening BCA online sangat gampang dilakukan. Opsi pembuatan rekening BCA online menjadikan nasabah tak harus direpotkan dengan datang langsung ke kantor cabang bank.

Cara membuat rekening BCA online dilakukan melalui smartphone, di mana calon nasabah harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi BCA Mobile terbaru. Semua tahapan buat rekening BCA online dilakukan via ponsel.

Prosesnya pun terbilang sangat cepat, dari mulai pengisian data diri, verifikasi, hingga rekening, setoran pertama, hingga rekening siap digunakan. Sementara untuk mendapatkan kartu debit atau kartu ATM, nasabah bisa datang langsung ke kantor cabang yang dipilih saat mendaftar.

BCA sendiri merupakan bank swasta terbesar di Tanah Air. Jaringan ATM maupun kantor cabangnya mencapai puluhan ribu, sehingga tentunya memberikan kemudahan berbagai macam kebutuhan transaksi para nasabahnya.

Baca juga: Cara dan Syarat Buka Rekening BCA tanpa NPWP

Cara buat rekening BCA online

Cara membuat rekening BCA online tidaklah sulit. Namun sebelumnya, calon nasabah harus melengkapi persyaratan yang diperlukan untuk pembukaan rekening baru.

Nah berikut ini persyaratan untuk pembuatan rekening BCA online:

  1. KTP
  2. Ponsel pintar dengan jaringan internet stabil
  3. Foto selfie dengan KTP
  4. Foto selfie wajah
  5. Nomor ponsel aktif yang digunakan
  6. Pulsa secukupnya untuk mengirimkan SMS verifikasi
  7. NPWP apabila ada
  8. Uang tunai untuk setoran pertama

Untuk NPWP sendiri bersifat opsional. Artinya apabila calon nasabah belum memiliki NPWP, pembuatan rekening BCA online tetap bisa diproses.

Sementara untuk setoran awal, nominalnya disesuaikan dengan jenis tabungan yang dipilih oleh nasabah. Sebagai contoh, untuk Tahapan BCA setoran awalnya sebesar Rp 500.000.

Baca juga: Cara Mengurus Buku Tabungan BCA Hilang, Biaya, dan Syaratnya

Sementara untuk tabungan Tahapan Xpresi setoran awalnya lebih rendah yaitu Rp 50.000. Kemudian untuk tabungan Tahapan Gold dan TabunganKu setoran pertamanya masing-masing sebesar Rp 1.000.000 dan Rp 20.000.

Buat rekening BCA online cukup dari handphone saja. Dalam prosesnya, pembuatan rekening BCA online nantinya proses verifikasi juga via online.Muhammad Idris/Money.kompas.com Buat rekening BCA online cukup dari handphone saja. Dalam prosesnya, pembuatan rekening BCA online nantinya proses verifikasi juga via online.

Tahapan cara membuat rekening BCA online

Jika semua syarat dan uang tunai untuk setoran awal sudah dipenuhi, calon nasabah bisa memulai buat rekening BCA online. Berikut tahapannya sebagaimana dikutip dari laman resmi Bank BCA:

  1. Download aplikasi BCA Mobile yang terupdate
  2. Instal lalu buka aplikasi tersebut
  3. Pilih “Buka Rekening Baru”, lalu pada halaman rangkuman langkah mudah buka rekening, pilih kembali tombol “Mulai”
  4. Pada pertanyaan “Apakah Anda sudah memiliki rekening BCA saat ini?” yang muncul, pilih jawaban yang sesuai (“Ya” atau “Tidak”)
  5. Pilih tabungan yang diinginkan yaitu Tahapan, Tahapan Xpresi BCA, Tahapan Gold
  6. Pilih “Lanjut”
  7. Lakukan verifikasi nomor handphone lewat SMS, nah pastikan pulsa cukup sebelum mengirim SMS verifikasi
  8. Langkah selanjutnya yakni Anda diminta membuat kode akses atau password yang nantinya digunakan untuk membuka BCA mobile.
  9. Kode Akses tersebut harus memuat kombinasi angka dan huruf, di mana kerahasiaannya harus dijaga guna melindungi data pribadi.
  10. Jika sudah membuat kode akses dan password, lalu pilih “Lanjut”
  11. Lengkapi dokumen yang diperlukan, yaitu foto e-KTP, foto diri, tanda tangan, dan nomor NPWP apabila ada
  12. Unggah semua dokumen tersebut pada halaman yang telah disediakan. Kemudian, pilih “Lanjut”
  13. Lengkapi data identitas diri, lalu pilih “Lanjut”
  14. Pilih jenis kartu yang diinginkan (Debit BCA Blue, Gold, atau Platinum) dan jangan lupa melengkapi data alamat email yang dipakai, kemudian pilih “Lanjut”
  15. Anda akan diminta memilih kantor cabang Bank BCA terdekat di mana rekening akan didaftarkan, jika sudah lalu pilih “Lanjut”
  16. Konfirmasi kembali data diri yang sudah diisi sebelumnya, dan berikan persetujuan atas pernyataan bahwa Anda telah mengerti dan setuju dengan syarat dan ketentuan pembukaan rekening, dengan memberikan centang pada kotak yang sudah disediakan
  17. Kemudian, pilih “Lanjut”
  18. Lakukan verifikasi data kembali melalui Video Call dengan agen Halo BCA. Di mana nantinya petugas dari Bank BCA akan melalukan video call
  19. Jika sudah, segera lakukan aktivasi mobile banking BCA dengan membuat PIN sebanyak 6 digit yang nantinya digunakan untuk transaksi di BCA mobile dan juga KlikBCA
  20. Jika semua proses tersebut sudah selesai, maka rekening sudah aktif. Segera lakukan setoran awal terlebih dahulu agar rekening bisa aktif dan bisa digunakan untuk transaksi
  21. Setoran dan penarikan tunai bisa dilakukan melalui cabang BCA, atau lewat ATM BCA terdekat, melalui menu “Cardless” di BCA mobile
  22. Untuk mencetak kartu, bisa dilakukan melalui mesin CS Digital terdekat, atau kunjungi cabang Bank BCA terdekat
  23. Proses tahapan cara buat rekening BCA online sudah selesai.

Itulah informasi lengkap seputar tahap demi tahap buat rekening BCA online. Bisa dibilang, pembuatan rekening BCA online sangat mudah dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Cara buat rekening BCA online saat ini sangat diminati lantaran calon nasabah tak harus datang ke bank. Semua tahapan cara membuat rekening BCA online bisa melalui ponsel pintar. Jadi pembuatan rekening BCA online sangat memudahkan.Muhammad Idris/Money.kompas.com Cara buat rekening BCA online saat ini sangat diminati lantaran calon nasabah tak harus datang ke bank. Semua tahapan cara membuat rekening BCA online bisa melalui ponsel pintar. Jadi pembuatan rekening BCA online sangat memudahkan.

Baca juga: Cara Buka Rekening BCA Online, Syarat, dan Setoran Awalnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com