Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Minta Para Pelaut Jaga Kelestarian Lingkungan Laut

Kompas.com - 26/06/2023, 18:33 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta para pelaut untuk aktif menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan laut agar keberlanjutan sumber daya laut terjaga.

Sebab, pelaut menghabiskan banyak waktu di laut saat bekerja dan menjadikan laut sebagai sumber pendapatan mereka. Selain itu, sumber daya laut juga berkontribusi ke perekonomian nasional

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha saat membuka acara Kampanye Keselamatan Pelayaran bertajuk Oceans Worth Protecting, dalam rangka Hari Pelaut Sedunia 2023 pada 25-26 Juni 2023 di Bali.

Baca juga: Viral Video Sopir Bus Pilih Hilangkan Nyawa Penumpang Mobil, Kemenhub Minta Perusahaan Beri Sanksi Tegas

"Pada tahun ini tema hari pelaut sedunia adalah Seafarers Contribution to Protecting the Marine Environment. Tema ini diangkat dengan harapan para pelaut yang menghabiskan sebagian besar waktunya di laut dapat memberikan kontribusi dalam melindungi dan melestarikan ekosistem laut," ujar Arif dikutip Senin (26/6/2023).

Penyelenggaraan kampanye keselamatan pelayaran ini, kata dia, dapat menjadi momentum penting untuk mengapresiasi peran dan kontribusi para pelaut dalam perekonomian nasional dan internasional.

"Tema ini sejalan dengan tema Hari Maritim Sedunia 2023 yaitu "MARPOL at 50 - Komitmen kami terus berlanjut" dan dirayakan dengan kampanye internasional bertajuk #OceanWorthProtecting," ucapnya.

Baca juga: Kemenhub: Warga Boleh Tak Pakai Masker Saat Naik Transportasi Umum

Tidak hanya pelaut, kampanye ini juga mengajak semua pihak yang terlibat dalam industri pelayaran, mulai dari awak kapal, pengusaha, otoritas maritim, hingga masyarakat umum, untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keselamatan di laut.

Dalam rangka mencapai tujuan ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengajak semua pihak yang terlibat dalam industri perhubungan laut, mulai dari awak kapal, pengusaha, otoritas maritim, hingga masyarakat umum, untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keselamatan di laut.

Kampanye Ocean Worth Protecting mendorong peningkatan kesadaran akan pentingnya keselamatan pelayaran, perlindungan anak-anak dan generasi mendatang, serta pengurangan pencemaran laut.

"Untuk itu, kami juga mengajak seluruh pihak mulai dari operator kapal, nelayan, pengguna jasa hingga wisatawan, untuk memprioritaskan keselamatan saat berada di laut. Misalnya dimulai dari penggunaan life jacket dan tindakan pencegahan lainnya, untuk melindungi diri kita sendiri dan orang lain," tuturnya.

Baca juga: Aturan Wajib Masker Dicabut, Kemenhub Segera Rilis Syarat Perjalanan Terbaru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com