Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Pastikan Izin Operasi LRT Jabodebek Terbit Pekan Depan

Kompas.com - 05/07/2023, 19:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal memastikan izin operasi LRT Jabodebek akan terbit pekan depan.

Izin operasi ini harus segera terbit agar uji coba operasi secara terbatas atau soft launching LRT Jabodebek dapat dilakukan 12 Juli 2023.

"Keluar sebentar lagi. Minggu depan deh," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Risal bilang, saat ini Kemenhub tengah melakukan pengujian pada sarana, prasarana, hingga sumber daya manusia LRT Jabodebek.

Baca juga: Tiga Catatan MTI Jelang Operasional LRT Jabodebek 18 Agustus 2023

Pengujian dilakukan sebelum menerbitkan izin untuk memastikan aspek keselamatan LRT Jabodebek terpenuhi.

"Sepanjang LRT Jabodebek lulus uji dan memang lulus dan memenuhi persyaratan untuk uji coba operasi, kita keluarkan," tegasnya.

Sebagai informasi, per 30 Juni 2023, keseluruhan proses persiapan dan pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 95,09 persen dan menyisakan pekerjaan terkait kalibrasi sistem operasi.

Selain kesiapan operasional LRT Jabodebek, integrasi antarmoda antara layanan LRT Jabodebek dengan layanan moda transportasi lainnya juga tengah disiapkan.

Integrasi antarmoda merupakan salah satu aspek penting yang harus disiapkan sebelum dioperasikan.

Hal ini sesuai dengan tujuan dari pembangunan LRT Jabodebek yaitu menyediakan pelayanan transportasi yang terintegrasi, ramah lingkungan, dan mendukung pembangunan di wilayah di Jabodebek.

Layanan moda transportasi lain yang akan terhubung dengan LRT Jabodebek, di antaranya Transjakarta, bus kota, KRL, MRT, Jaklingko, hingga angkot.

Khusus di Stasiun Halim, LRT Jabodebek akan terhubung dengan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dan beberapa moda lainnya, seperti Transjakarta, Royaltrans, serta taksi dan travel yang sudah disiapkan tempat pemberhentiannya secara khusus

Pada pembangunan tahap 1 ini, LRT Jabodebek melayani tiga lintasan yaitu Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi.

Baca juga: Mau Ikut Uji Coba LRT Jabodebek 12 Juli? Wajib Tahu 5 Hal Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com