Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kesiapan, Presiden Bakal Jajal Kereta Cepat 1 September

Kompas.com - 11/08/2023, 13:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan menjajal naik Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) saat uji coba operasional terbatas pada 1 September mendatang.

Sebagai informasi, pada 1 September nanti KCJB akan mulai diuji coba operasional dengan penumpang. Pada uji coba ini, masyarakat umum dapat menjajal naik KCJB secara gratis.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Didiek Hartantyo mengatakan, setelah dijajal Presiden, KCJB akan dioperasikan secara komersial pada awal Oktober 2023.

"Kereta cepat Pak Jokowi akan mencoba 1 September. Harapannya awal Oktober kita bisa mulai COD (commercial operation date)," ujarnya di sela acara peluncuran aplikasi Access by KAI di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (11/8/2023).

Baca juga: Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipatok Rp 250.000

Didiek bilang, saat ini KCJB sedang melaksanakan uji coba operasional tanpa penumpang. Diharapkan uji coba ini dapat berjalan dengan baik sehingga KCJB dapat dioperasikan sesuai jadwal.

"Doakan trial operationnya bisa lancar sehingga 1 Oktober harapannya bisa jalan," kata Didiek.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga menyebut KCJB akan beroperasi penuh pada Oktober mendatang.

"Kan Oktober ya Insya Allah," ucap Risal.

Baca juga: LRT Jabodebek Beroperasi 26 Agustus, Ada Diskon Tarif Sebulan Penuh

Izin Operasi KCJB Keluar Sebelum Uji Coba dengan Penumpang

Risal memastikan izin operasional KCJB sudah keluar pada saat beroperasi penuh, bahkan seharusnya sudah keluar sejak diujicobakan dengan penumpang pada 1 September nanti.

Pasalnya izin operasional dari Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub ini penting untuk memastikan kesiapan KCJB untuk mengangkut penumpang.

"(Oktober) sudah keluar dong harusnya. Pokoknya pada saat kita mengundang penumpang, insya Allah itu sudah keluar izin operasinya. Artinya sudah ada jaminan keselamatan masyarakat sudah jadi," jelasnya.

Adapun saat ini DJKA masih terus melakukan pengujian baik dari sisi sarana dan prasarana untuk pengetesan dan penyempurnaan agar seluruh perangkat KCJB dapat berjalan dengan baik saat dioperasikan.

Baca juga: Awal September, Masyarakat Bisa Jajal Naik Kereta Cepat secara Gratis

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com