Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dukung Perkembangan Industri Sawit, Direktur PASPI: Edukasi Jadi Elemen Penting

Kompas.com - 10/09/2023, 11:10 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan menginisiasi forum edukasi kelapa wasit pada ajang Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2023 di ICE BSD City Tangerang, Banten, pada Kamis (7/9/2023) hingga Sabtu (9/9/2023).

Seperti diketahui, kelapa sawit menjadi salah satu komoditas yang memberikan kontribusi besar terhadap devisa negara. Namun, dalam perkembangannya, pro dan kontra serta kampanye hitam sawit masih masif digencarkan.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI) Tungkot Sipayung mengatakan bahwa kelapa sawit itu baik selama Good Agriculture Practices (GAP) dikelola dengan baik. Pengelolaan kebun sawit juga harus dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Di Bunex 2023, Kementan Nyatakan Telah Sediakan 9 Bantuan Sarpas

Menurutnya, kampanye negatif sawit terbentuk karena kurangnya pemahaman mengenai tanaman itu. Berbagai mitos mengenai kelapa sawit yang perlu diklarifikasi, seperti boros air, limbahnya merusak lingkungan, serta mengancam satwa liar.

“Oleh karena itu, kami perlu melakukan sosialisasi dan edukasi sesuai fakta. Kelapa sawit menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam keseharian masyarakat,” ujar Tungkot dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (10/9/2023).

Dari hasil tanya jawab Tungkot dengan para pelajar, generasi muda masih berasumsi bahwa hasil olahan sawit seakan merugikan dan perlu dibatasi penggunaannya. Pasalnya, produk olahan sawit dikhawatirkan dapat memengaruhi kesehatan.

Padahal, masyarakat banyak menggunakan produk olahan sawit dalam kehidupan sehari-hari, seperti sikat gigi. Produk turunan sawit juga digunakan masyarakat saat mandi, makan, serta berdandan.

Baca juga: Gelar BUNEX 2023, Kementan Perkuat Industri Kelapa Sawit sebagai Penunjang Ekonomi Indonesia

“Kami berharap, edukasi atau kampanye positif sawit dapat memberikan pemahaman yang benar. Semoga kampanye ini dapat membantu masyarakat memilah fakta dan mitos tentang sawit," jelasnya.

Tungkot berpesan kepada generasi muda bahwa pemahaman yang benar mengenai kelapa sawit dapat berdampak signifikan terhadap keberlangsungan industri tersebut. Oleh karena itu, generasi muda dapat aktif mengembangkan dan memperkuat kelapa sawit Indonesia dari hulu hingga ke hilir.

Dengan demikian, sambungnya, kelapa sawit Indonesia beserta produk turunannya semakin bernilai tambah, berkualitas mutu baik, dan berdaya saing.

“Mari kita perkuat sawit Indonesia dan menepis isu negatif kelapa sawit dengan bukti nyata. Dengan demikian, kelapa sawit Indonesia di pasar global semakin positif sekaligus menggugurkan kampanye hitam sawit,” tutur Tungkot.

Kegiatan edukasi sawit diharapkan dapat mengubah persepsi masyarakat yang keliru atau menganggap negatif komoditas sawit. Selain edukasi, Bunex 2023 juga memiliki kegiatan cerdas cermat dengan topik tanaman kelapa sawit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com