Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Deretan Fasilitas Mewah Kereta Suite Class Compartement yang Akan Dirilis KAI

Kompas.com - 04/10/2023, 12:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) memperkenalkan layanan Kereta Suite Class Compartement yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Kompas.com berkesempatan mengikuti Joy Ride Suite Class Compartement pada Rabu (4/10/2023). Adapun perjalanan dimulai dari Stasiun Gambir sekitar pukul 07.50 WIB dan sampai di Stasiun Cirebon pukul 10.35 WIB.

Saat Kompas.com akan memasuki kereta, disambut oleh dua orang pramu dan prami yang tersenyum ramah.

Kemudian melewati ruang pantry tempat pramu dan prami menyediakan makanan untuk para penumpang. Setelah itu barulah memasuki lorong kereta yang berisikan 16 kompartemen, di mana 8 gerbong di sisi kanan dan 8 gerbong di sisi kiri.

Nuansa lorong Kereta Suite Class Compartement ini terasa berkelas dengan ornamen batik berwarna abu-abu dan list emas, sedangkan lantai dari karpet beludru berwarna abu-abu dan atapnya berwarna putih mengilap dengan ornamen abu-abu.

Baca juga: KAI Rilis KA Ekonomi Baru dengan Modifikasi Kursi, Apa Saja Bedanya?

Kemudian, beralih ke kompartemen yang pintunya bisa dibuka-tutup otomatis dengan tombol yang ada di luar dan dalam kompartemen.

Begitu pintu kompartemen terbuka, langsung terlihat satu kursi berwarna coklat yang terlihat nyaman. Kursi ini dapat direbahkan hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur.

Kursi tersebut juga dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api. Kursi di kereta ini juga memiliki sandaran kaki yang dapat diluruskan sehingga penumpang dapat relaks.

Uniknya, kursi ini juga dilengkapi dengan fitur pijat di bagian sandaran kursi. Semua fitur yang ada di kursi penumpang bisa dikendalikan melalui panel sentuh yang ada di hand rest kursi.

Baca juga: Soal Tarif Kereta Cepat Whoosh, Luhut: Tunggu Saja Tanggal 16 Oktober

Di antara kursi dan jendela besar terdapat sebuah tablet yang difungsikan sebagai Train Onboard Infotainment System. Tablet ini dapat digunakan penumpang untuk mengisi waktu luang selama perjalanan.

Dengan tablet tersebut, pelanggan bisa memutar TV, film, dan musik. Disediakan juga headset agar penumpang bisa lebih menikmati fasilitas Train Onboard Infotainment System.

Penumpang juga bisa mengatur lampu jika ingin tidur atau membaca buku karena disediakan dua lampu di atap dan dinding kompartemen yang bisa diatur sesudahnya.

Penumpang juga bisa mengatur pendingin kompartemen dengan remot apabila merasa suhu kompartemen terlalu dingin. Penumpang juga disediakan bantal dan selimut agar lebih nyaman saat beristirahat.

Adapun satu gerbong Kereta Suite Class Kompartemen ini berisi 16 kompartemen, yaitu masing-masing 8 kompartemen di sisi kanan dan kirinya.

Dengan beragam fasilitas yang mewah ini, tentu yang menjadi pertanyaan berapa harga tiketnya.

Sayangnya, saat ini PT KAI masih belum membocorkan perkiraan harga tiket Kereta Suite Class Compartement ini sebelum diluncurkan secara resmi.

Baca juga: KAI Bakal Modifikasi Lebih dari 100 Unit Kereta Ekonomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com