Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Belajar Investasi Saham Lewat "Gadget" untuk Pemula

Kompas.com - 13/10/2023, 15:30 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki waktu senggang, tentu sangat disayangkan jika terbuang sia-sia. Padahal, waktu-waktu senggang itu bisa dimanfaatkan secara produktif untuk menambah pengetahuan.

Community Lead IPOT Angga Septianus menjelaskan, waktu luang dapat digunakan lebih bijak, daripada terbuang sia-sia. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan waktu luang yang tidak terpakai untuk aktivitas produktif, seperti memulai perjalanan dalam dunia investasi.

“Berinvestasi adalah pilihan yang bijak untuk membangun kekayaan dan mengamankan masa depan finansial. Belajar investasi di era digital saat ini pun telah menjadi lebih mudah dengan gadget di genggaman tangan,” kata Angga dalam siaran pers, Jumat (13/10/2023).

Angga pun menguraikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memulai perjalanan belajar investasi saham di waktu luang dengan hanya bermodal gadget. Berikut tipsnya:

Baca juga: Tips Investasi, Waspada Iming-iming Imbal Hasil Tinggi!

1. Membaca Buku dan Artikel Online

"Mulailah dengan memahami dasar-dasar investasi dengan baca buku dan artikel online untuk memperoleh pengetahuan dasar," kata dia.

Sebelum terjun ke investasi saham, siapa pun perlu memahami konsep dasar investasi. Ini mencakup pemahaman tentang risiko, imbal hasil, diversifikasi, aset keuangan, strategi investasi, dan banyak lagi.

Membaca buku dan artikel online bertema investasi adalah cara yang efektif untuk memahami dasar-dasar ini.

2. Menikmati Podcast

Banyak profesional keuangan dan pakar investasi mengadakan webinar dan melakukan podcast dengan topik investasi, seperti misalnya di channel Youtube yang bisa diakses secara gratis.

"Anda dapat mengikuti (beberapa) webinar atau podcast secara langsung untuk mendapatkan wawasan investasi saham langsung dari ahlinya,” jelas dia.

Baca juga: Simak Tips Cuan Beli Saham ala Lo Kheng Hong

3. Join Forum Investasi Saham

Komunitas dan forum investasi saat ini sudah gampang ditemukan. Siapa pun dapat bergabung untuk mendapatkan update informasi hingga nimbrung diskusi.

Namun forum investasi yang terbuka untuk umum dengan informasi-informasi yang benar-benar dari ahlinya jarang ditemukan, sehingga kamu perlu lebih jeli lagi dalam memilih forum-forum yang akan kamu ikuti.

“IPOT menghadirkan forum investasi yang bisa diakses siapa pun tanpa registrasi. Siapa pun bisa mendapatkan info-info terkini kapan pun, termasuk saat malam hari,” jelas Angga.

Di IPOT, pengguna aplikasi bisa memaksimalkan produktivitas untuk belajar saham, tanpa harus melakukan registrasi. Pengguna bisa mengulik kisi-kisi dan rumor saham yang lagi ramai dibicarakan sebagai referensi trading melalui IPOT Buzz.

Baca juga: Tips Memilih Investasi Reksa Dana bagi Anak Muda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com