Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Bocoran Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tembus Rp 600.000, Ini Respons KCIC

Kompas.com - 13/10/2023, 15:09 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di platform media sosial, X, sebuah tangkapan layar yang menunjukkan besaran harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh. Unggahan tersebut menunjukkan tarif kereta cepat yang lebih tinggi dari bocoran yang sempat disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

Gambar tangkapan layar yang menunjukkan tarif normal Kereta Cepat Whoosh dibagikan oleh akun @txttransportasi. Akun tersebut membagikan tangkapan layar aplikasi Whoosh-Kereta Cepat yang sudah menampilkan tarif tiket normal.

Dalam unggahan itu ditunjukkan, tarif tiket Kereta Cepat Whoosh dibagi menjadi 3 kelas. Secara terperinci, tarif kelas ekonomi premium sebesar Rp 300.000, kelas bisnis sebesar Rp 450.000, dan first class sebesar Rp 600.000.

Baca juga: Sinyal Internet di Kereta Cepat Tidak Stabil, KCIC Bakal Sediakan WiFi

Unggahan tersebut mendapatkan respons yang beragam dari netizen. Sejumlah netizen mempertanyakan besaran tarif yang lebih besar dari usulan tarif PT Kereta Api Cepat Indonesia China (KCIC) dan juga bocoran dari Presiden Jokowi, yakni di rentang Rp 250.000-Rp 350.000.

"Bukannya dulu bilangnya 150ribu aja? Belum-belum udah kena bohong China," tulis akun @Pa*************.

Sejumlah netizen menilai tarif yang beredar tersebut terlalu tinggi. Netizen membandingkan tarif itu dengan tarif kereta Argo Parahyangan Jakarta-Bandung yang berada di kisaran Rp 150.000 unutk kelas ekonomi dan sekitar Rp 250.000 untuk kelas eksekutif.

"Plis, masih lebih murah Argo Parahyangan," tulis akun @gr*************.

Menanggapi unggahan tarif tersebut, Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya belum resmi merilis daftar tarif Kereta Cepat Whoosh. Namun, ia pun tidak menampik daftar tarif yang beredar.

"Sampai dengan saat ini kami, PT KCIC selaku operator belum mengumumkan secara resmi informasi terkait tiket kereta cepat Whoosh," kata dia, kepada wartawan, Jumat (13/10/2023).

Lebih lanjut ia bilang, perusahaan akan mengumumkan secara resmi tarif normal Kereta Cepat Whoosh. Akan tetapi, Eva tidak memerinci kapan pengumuman itu akan dilakukan.

"Hal-hal yang berkaitan dengan informasi tarif komersial dan jadwal kereta cepat Whoosh akan kami umumkan dalam waktu dekat melalui saluran resmi perusahaan," ucapnya.

Baca juga: Kereta Cepat Dilanjutkan ke Surabaya, Menko Airlangga: Tanggung kalau Hanya sampai Bandung

Sebagai informasi, sejak diresmikan 2 Oktober lalu, PT KCIC belum menetapkan harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung.

Adapun selama 3-16 Oktober 2023 PT KCIC memberlakukan tarif promo di mana penumpang dapat menaiki kereta cepat Jakarta-Bandung tanpa dikenakan biaya sepeser pun.

Pendaftaran untuk mendapatkan tiket kereta cepat gratis ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap 1 dan 2 pada 2 Oktober dan 7 Oktober, lalu untuk perjalanan 3-10 Oktober 2023.

Sementara itu, pendaftaran tahap 3 telah dilaksanakan pada 10 Oktober lalu untuk keberangkatan 11-16 Oktober 2023.

Baca juga: KAI Tebar Promo Tiket Kereta Api Ekonomi hingga Eksekutif, Simak Ketentuannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com