Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Healthtech" Zi.Care Target Tambah 170 RS Jadi Pelanggan Tahun Ini

Kompas.com - 19/10/2023, 15:59 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup teknologi kesehatan (healthcare), Zi.Care besutan PT Jejaring Tiga Artha menargetkan menambah 170 rumah sakit ke dalam 130 basis pelanggannya tahun ini. Untuk itu, Zi.Care menggandeng InterSystems, penyedia teknologi mesin database, yang sudah ada di 28 negara.

Kerja sama keduanya diteken di Jakarta pada 18 Oktober 2023.

Zi.Care merupakan penyedia rekam medis elektronik (RME) yang
terstruktur dan sesuai dengan standar Internasional.

Dengan platform data InterSystems IRIS for Health, Zi.Care berencana untuk menggunakan sumber daya pengembangan tersebut dengan lebih baik, serta menghindari hambatan interoperabilitas dan kinerja yang dapat memperlambat pertumbuhan Zi.Care.

Baca juga: Menakar Potensi dan Tantangan HealthTech di Indonesia

"Menghubungkan perangkat medis atau API perusahaan asuransi kesehatan satu per satu akan menjadi mimpi buruk yang menghabiskan banyak sumber daya. InterSystems IRIS for Health akan mengoptimalkan sumber daya pengembang kami untuk berfokus pada Zi.Care HIS, sehingga interoperabilitas menjadi lebih mudah," kata Jessy Abdurrahman, CEO
Zi.Care, melalui keterangan pers, Kamis (18/10/2023).

“Kerja sama kami dengan InterSystems akan membantu Indonesia mencapai fase berikutnya
dalam digitalisasi sistem pada fasilitas kesehatan di Indonesia,” tambah Jessy.

Luciano Brustia, Regional Managing Director Asia Pasifik InterSystems menambahkan, dalam 3-6 bulan, pihaknya berharap InterSystems IRIS for Health dapat membantu analisis klinis yang lebih rinci pada Zi.Care HIS.

"Harapannya, kami dapat mengintegrasikan data RME untuk dimanfaatkan pada studi genomik pemerintah Indonesia," tambah Luciano.

Baca juga: Meneropong Peluang Industri Healthtech di Indonesia

Sebagai informasi, Zi.Care, mendapatkan Surat Minat (Letter of Intent) dari pihak investor yang akan memimpin pendanaan putaran I seri A sebesar 3 juta dollar AS.

Investor sendiri telah berkomitmen untuk melakukan investasi sebesar 2 juta dollar AS, atau lebih dari separuh nilai dari total seri pendanaan Series A ini.

Investor yang akan memimpin seri pendanaan ini adalah dari Oriza Greenwillow Technology Fund, dana kelolaan investasi modal ventura dari Singapura yang berokus pada investasi perusahaan teknologi Startup di regional Asia Tenggara yang bergerak pada sektor Smart Cities dan Healthcare Technologies.

Manajemen Zi.Care menjelaskan bahwa Zi.Care berawal sebagai aplikasi yang berfokus untuk membantu serta meningkatkan penetrasi digitalisasi pada sektor kesehatan di Indonesia, dengan tujuan untuk meningkatkan mutu dan standar pelayanan masyarakat di fasilitas kesehatan.

Hingga kuartal I 2023, Zi.Care telah beroperasi terhadap lebih dari 100 unit rumah sakit.

"Ke depan, Zi.Care memiliki visi untuk terus mendigitalisasi seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia," ujar Manajemen Zi.Care, dalam keterangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com