Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Layani Rute Internasional dan Domestik dari Bandara Kertajati

Kompas.com - 25/10/2023, 06:30 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia membuka layanan rutenya dari Bandara Internasional Kertajati untuk rute internasional dan domestik.

Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, layanan ini dibuka untuk terus memperluas akses dan memacu konektivitas demi mendukung perkembangan sektor pariwisata di wilayah setempat hingga seluruh penjuru Indonesia.

“Indonesia AirAsia bangga dapat mengambil bagian yang signifikan dalam rencana pemerintah memajukan konektivitas penerbangan dan mendukung pertumbuhan sektor pariwisata tanah air. Perusahaan melihat ini sebagai investasi strategis dan kami konsisten dengan komitmen kami dalam menyediakan layanan penerbangan yang terbaik untuk memudahkan perjalanan dan memberikan manfaat nilai tambah bagi masyarakat," ujarnya dalam siaran persnya, Selasa (24/10/2023).

Baca juga: Ini Insentif bagi Maskapai yang Pindah ke Bandara Kertajati

Lebih lanjut Veranita menjelaskan, sejak awal beroperasi, AirAsia telah menempatkan Jawa Barat (bermula dari Kota Bandung) sebagai salah satu destinasi wajib kunjung bagi para pelaku perjalanan udara di kawasan ASEAN.

Ditambah Bandara Internasional Kertajati berada di lokasi strategis Kabupaten Majalengka, yang didukung aksesibilitas jalan tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang -Dawuan).

Hal ini secara efektif sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat akan faktor-faktor penting seperti Seamless (kecepatan), Affordability (keterjangkauan), dan Ease (kemudahan), yang sangat diperhitungkan saat memilih sarana transportasi untuk melakukan perjalanan.

"Dengan pertumbuhan layanan penerbangan melalui Bandara Internasional Kertajati yang kami hadirkan, kami berharap selain mempersingkat jarak antara Indonesia dan ASEAN serta memberikan kesempatan bagi semua orang untuk bisa terbang, AirAsia juga dapat berkontribusi dalam menciptakan lebih banyak lagi peluang ekonomi dan lapangan kerja baru untuk penduduk dan masyarakat setempat," katanya.

Baca juga: Penerbangan Citilink di Bandara Husein Pindah ke Kertajati Mulai 29 Oktober, Simak Jadwalnya

Dukungan konkret perusahaan terhadap pengembangan Bandara Internasional Kertajati telah dimulai sejak17 Mei 2023 lalu.

Menjadi maskapai penerbangan bertarif hemat pertama yang menghubungkan rute internasional ke Kuala Lumpur (KUL) dari Kertajati (KJT), AirAsia sukses mencatat tingkat keterisian pesawat mencapai 70 persen pada penerbangan perdananya.

“Untuk penerbangan perdana, angka ini cukup besar dan membuktikan animo positif yang tinggi dari masyarakat. Hal ini jugalah yang semakin memotivasi semangat kami untuk lebih kuat lagi mempromosikan penerbangan dari dan ke Kertajati. Melanjutkan jejak kesuksesan rute ke Kuala Lumpur, Indonesia AirAsia dengan bangga juga telah menyiapkan penerbangan yang akan menghubungkan masyarakat ke destinasi domestik favorit,” ungkap Veranita.

Baca juga: Investor dari Saudi, India, dan Singapura Incar Saham Bandara Kertajati

 

Veranita menambahkan, untuk merayakan peresmian dimulainya operasi penuh Bandara Internasional Kertajati oleh pemerintah pada 29 Oktober 2023 nanti, Indonesia AirAsia juga siap membawa pelanggan setianya dari Kertajati (KJT) ke Denpasar (DPS).

Tiket untuk rute ini sudah tersedia untuk pemesanan dengan harga mulai dari Rp 670.000 untuk sekali jalan. AirAsia juga memfasilitasi penerbangan domestik maskapai dengan gratis kuota bagasi sebesar 20 kilogram dan kuota bagasi kabin sebesar 7 kilogram, serta penawaran menarik lainnya.

“Setelah Kuala Lumpur, kami akan kembali menjadi maskapai pertama yang melayani rute Denpasar dari Bandara Internasional Kertajati pada 29 Oktober nanti. Ini menjadi bukti komitmen kami dalam mendukung pemerintah memajukan konektivitas udara dari Kertajati," pungkasnya.

Baca juga: AirAsia Tebar Promo, Tiket Pesawat Jakarta-Singapura Rp 403.600

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com