Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecepatan KRL Naik mulai 1 November, Waktu Tempuh Bogor-Manggarai Bisa Lebih Cepat 12 Menit

Kompas.com - 31/10/2023, 15:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter bersama PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta menyesuaikan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai Rabu, 1 November 2023.

Penyesuaian ini berdampak pada kecepatan maksimal perjalanan, percepatan waktu tempuh, dan jadwal perjalanan KRL Commuter Line Bogor.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, penyesuaian ini juga sejalan dengan pengembangan prasarana pada lintas Bogor-Manggarai seperti perubahan pada maksimal kecepatan perjalanan dari 70 kilometer (km) per jam menjadi 80 km per jam.

Dengan demikian, per 1 November 2023 waktu tempuh perjalanan dari Bogor-Manggarai/Jakarta Kota berkurang 7-8 menit dari semula 92 menit menjadi 85 menit, sedangkan waktu tempuh perjalanan Bogor-Manggarai semula 70 menit menjadi 62 menit.

Baca juga: Harga KRL Buatan INKA Lebih Mahal dari Impor Jepang, Ini Respons Menhub

Itu artinya, percepatan waktu tempuh tersebut akan berimbas kepada perubahan jam keberangkatan perjalanan KRL Commuter Line Bogor di seluruh stasiun lintas Bogor-Jakarta Kota.

"KAI commuter mengimbau kepada calon pelanggan untuk memperhatikan kembali jadwal perjalanannya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (30/10/2023).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, jadwal pemberangkatan perjalanan KRL Commuter Line Bogor di seluruh stasiun pemberhentian juga mengalami perubahan jadwal sekitar 1-5 menit.

Keberangkatan awal KRL di Stasiun Bogor pada pagi hari juga akan ditambah dua perjalanan yaitu pemberangkatan pukul 05.25 WIB dan 05.50 WIB.

Baca juga: KAI Usulkan PMN Rp 2 Triliun untuk Tambah Kereta Baru dan Peremajaan KRL

"Untuk jadwal terbaru, pengguna bisa melihat melalui aplikasi C-Access. Pengguna juga bisa melihat update jadwal terbaru melalui website commuterline.id atau sosial media resmi KAI Commuter @commuterline," imbaunya.

Dengan penambahan kecepatan maksimal perjalanan KRL ini, dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melintas di perlintasan sebidang pada lintas Bogor-Manggarai untuk menjaga keselamatan saat melintas.

Pengemudi kendaraan yang akan melintas diperlintasan sebidang wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai di tutup dan atau ada isyarat lain utuk mendahulukan perjalanan kereta api.

Baca juga: Layanan Gojek Terintegrasi KRL, Menhub Berharap Kemacetan Berkurang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com