Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi-bagi 500.000 Rice Cooker Gratis Bisa Mundur ke Desember 2023

Kompas.com - 03/11/2023, 20:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum memulai pembagian rice cooker gratis meski sudah memasuki bulan November. Pembagian rice cooker gratis pun berpotensi mundur ke bulan Desember.

Untuk diketahui, mulanya pemerintah menargetkan pembagian 500.000 rice cooker gratis ke masyarakat bisa dimulai pada awal November 2023.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono mengatakan, saat ini program bagi-bagi rice cooker masih dalam tahap pengadaan. Lantaran revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) baru rampung akhir Oktober 2023.

Baca juga: Pemerintah Targetkan Penyaluran Rice Cooker Gratis ke Warga Rampung pada Desember 2023

Tender pun dilakukan secara terbuka melalui e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"Sekarang prosesnya masih pengadaan, ada di e-katalog. Belum dibagikan. Soalnya ini kan baru clear dengan Kemenkeu," ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, (3/11/2023).

Terkait kepastian jadwal bagi-bagi rice cooker, ia tak menjamin bisa dilakukan pada bulan ini. Namun dia memastikan pembagian rice cooker akan dilakukan sebelum akhir tahun.

"Tapi harus terbagi tahun ini. Kalau yang tahun ini sebelum Desember (selesai) harus disalurkan," kata pria yang akrab disapa Aca tersebut.

Baca juga: Kementerian ESDM Mulai Bagi-bagi Rice Cooker Gratis pada Awal November

Menurutnya, program bagi-bagi rice cooker akan dimulai di saat produsen memastikan ketersedian penanak nasi berbasis listrik tersebut.

Aca bilang, tak ketentuan merek tertentu dalam pengadaan rice cooker ini. Lantaran proses tender dilakukan terbuka dan melalui penilaian LKPP.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com