Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Ungkap Alasannya Berobat ke Singapura, Bukan di Indonesia

Kompas.com - 04/11/2023, 14:14 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap alasannya memilih untuk dirawat di RS Singapura dan bukan di RS Indonesia.

Adapun sebelumnya diberitakan, Luhut sudah sebulan menjalani perawatan di RS Singapura karena penyakit yang dideritanya. Orang- orang pun mempertanyakan alasan di balik Luhut dirawat di Singapura

Luhut menjelaskan, sebenarnya pengobatannya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Namun lantaran keluarga beserta sahabatnya ingin pemulihannya lebih optimal, keputusan untuk dirawat di RS Singapura pun dipilih.

Baca juga: Tepis Isu Mundur, Luhut: Pak Jokowi Komandan yang Patut Didukung

https://www.instagram.com/p/CzNQAxbSrkX/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Selama perawatan di sana, Luhut mengaku, dirinya hanya ditemani oleh tim dokter, ajudan, istri beserta istrinya. Tak ada tamu bahkan deringan ponsel selama perawatan di sana.

"Hari-hari pertama saya di sini praktis, saya hanya ditemani tim dokter, ajudan, serta istri, dan anak saya. Tidak ada tamu tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab- semua harus lewat tangan para ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam. "Papa, fokus untuk pulih dahulu, sisanya bisa menunggu," begitu ucapan istri dan anak saya," tulis Luhut dalam akun Instagramnya, Sabtu (4/11/2023).

"Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak, sebagaimana terlihat dari progress kondisi saya yang berangusur-angsur membaik sampai saat ini," sambung Luhut.

Luhut pun mengaku dengan kondisinya yang sudah semakin membaik, dirinya sudah diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menegok urusan kerja meskipun belum sepenuhnya.

Baca juga: Tunggu Giliran Jenguk Luhut, Erick Thohir: Kondisi Beliau Baik

Bahkan Luhut juga sudah menerima kunjungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'ruf Amin, beserta para menteri yang menjadi kawan dekatnya. 

"Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih," kata Luhut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com