Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Stasiun Kereta Cepat Halim Bocor, KCIC Buka Suara

Kompas.com - 05/11/2023, 14:20 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengatakan tidak ada kerusakan area dan genangan air di dalam Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim akibat hujan pada Sabtu (4/11/2023).

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, memang terdapat hujan lebat di sekitar area Stasiun Kereta Cepat Halim pada 4 November 2023.

Namun, kondisi tersebut tidak mengganggu area pelayanan khususnya bagian dalam Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim tersebut.

Baca juga: Jumlah Penumpang Kereta Cepat Whoosh Tembus Rekor Tertinggi, KCIC Tambah 4 Perjalanan di Akhir Pekan

"Sejumlah gambar yang beredar di sosial media yang menunjukan kondisi plafon stasiun bagian dalam mengalami kebocoran bukan di lokasi Stasiun Kereta Cepat Halim," kata dia dalam keterangan resmi, Minggu (5/11/2023).

Ia menambahkan, visual lain yang menggambarkan adanya limpahan air di sisi tangga bukan berada di dalam Stasiun namun di area luar lobby kedatangan sisi selatan.

Limpahan air berasal dari saluran air yang tidak mampu menahan debit air karena intensitas hujan yang sangat tinggi.

Kondisi tersebut dinilai tidak menganggu pelayanan karena masih ada area lain yang dapat dilalui penumpang untuk menuju area lobby drop off dan pick up.

"Seluruh alur penumpang tetap berjalan normal tanpa kendala. Operasional Kereta Cepat Whoosh juga tidak terdampak kejadian tersebut," imbuh Eva.

KCIC telah berkoordinasi langsung dengan perusahaan pelat merah Wijaya Karya (WIKA) sebagai kontraktor pembangunan Stasiun Kereta Cepat untuk melakukan investigasi dan perbaikan area yang terdampak.

Eva menjelaskan, pihak Wika Konstruksi juga sudah mulai melakukan perbaikan pada saluran air sisi luar stasiun yang terdampak hujan lebat kemarin dan diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat.

Pembangunan atap stasiun Kereta Cepat Halim dilakukan pada saat musim kemarau, sehingga pengujian saluran air belum dapat dilakukan saat debit air yang tinggi karena intensitas hujan tinggi.

Baca juga: Buka-Bukaan Wamen BUMN soal Proyek Kereta Cepat Bandung-Surabaya


KCIC bersama kontraktor juga akan menyisir dan mengidentifikasi titik-titik lainnya di seluruh stasiun untuk mengantisipasi kejadian serupa.

"KCIC bersama WIKA telah melakukan komunikasi dan kordinasi serta bergerak cepat agar pelayanan dan fasilitas yang diberikan pada penumpang optimal." tutup Eva.

Sebelumnya, ramai di media sosial X yang memperlihatkan air hujan menerobos atap bangunan di pintu kedatangan penumpang.

Unggahan akun @txt***** tersebut menunjukkan video air hujan yang juga menggenangi eskalator dan tangga yang berada di bawahnya.

"Belum genap satu tahun, Kereta Cepat Halim sudah bocor," tulis keterangan video tersebut.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Tertahan 15 Menit gara-gara Listrik Padam, PLN: Kami Mohon Maaf

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com