Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

QRIS Bisa Digunakan di Singapura mulai 17 November 2023

Kompas.com - 06/11/2023, 15:23 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo kembali mengingatkan, BI akan memperluas penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) ke Singapura mulai 17 November 2023.

Perry mengungkapkan, Singapura akan masuk menjadi daftar negara yang menjalin kerja sama penggunaan QRIS antarnegara dengan Indonesia, setelah Malaysia dan Thailand.

"Ini sebagai upaya memperkuat sistem pembayaran dalam dukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Implementasi QRIS diperluas ke Singapura pada 17 November 2023," terang Perry, Jumat (3/11/2023).

Baca juga: Bank Mega Syariah Hadirkan Fitur QRIS di Aplikasi M-Syariah

Perry menjelaskan, langkah ini juga seiring dengan upaya BI dalam mengembangkan kerja sama penggunaan mata uang lokal atau local currency transaction (LCT).

Sebelumnya, memang LCT ini lebih dikenal dengan istilah local currency settlement (LCS).

Nah, LCS ini kemudian diperluas, sehingga transaksi tidak hanya terbatas pada perdagangan dan investasi, tetapi juga di pasar keuangan dan perbankan, maupun transaksi sistem pembayaran.

Sehingga memperluas jalinan kerja sama dengan negara lain, menjadi salah satu langkah BI dalam mengembangkan penggunaan mata uang lokal yang berguna mengurangi ketergantungan terhadap mata uang utama. (Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi)

Baca juga: Cara Cek Dana Masuk QRIS

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Ingat, Belanja di Singapura Bisa Bayar Pakai QRIS Mulai 17 November 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com