Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Proyeksi IHSG di Awal Pekan? Ini Rekomendasi Sahamnya

Kompas.com - 13/11/2023, 08:31 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan bergerak menguat pada Senin (13/11/2023). Sebelumnya, IHSG pada penutupan Jumat (10/11/2023) berakhir di zona merah pada level 6.809,26 atau turun 0,42 persen (28,97 poin).

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Maximilianus Nico Demus mengatakan, IHSG hari ini berpeluang mengalami penguatan terbatas.

Sentimen positif muncul dari data ekonomi China yang mencatat penjualan ritel diproyeksikan mengalami kenaikkan dari sebelumnya 5,5 persen menjadi 6,5 sampai 7 persen.

Baca juga: Menutup Pekan, IHSG dan Rupiah Berakhir di Zona Merah

Ilustrasi saham perusahaan. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Ilustrasi saham perusahaan.

“Tentu ini merupakan berita bagus bagi China dimana sebelumnya mengalami deflasi. Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat IHSG berpotensi menguat terbatas dengan support dan resistance di level 6.795 sampai 6.815,” kata Maximilianus dalam analisisnya.

Sementara itu, dari dalam negeri, terdapat data neraca perdagangan yang diperkirakan akan mengalami surplus meskipun mengalami penurunan.

Sejauh ini, hal tersebut sedikit banyak akan memberikan dampak positif terhadap pasar dalam negeri terkait dengan ketahanan menghadapi ketidakpastian.

Di sisi lain, menjelang akhir tahun, realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) masih di bawah target. Pemerintah melihat bahwa, salah satu strategi pengembangan UMKM naik kelas dan UMKM Go Export yaitu melalui peningkatan akses pembiayaan.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Melemah di Awal Sesi

"Pembiayaan bagi UMKM menjadi salah satu faktor penting yang dapat menjadi akselerator perkembangan UMKM. Pasar akan berliku dan penuh dengan gejolak, namun kami percaya bahwa kita bisa melewatinya,” tegas dia.

Berbeda, Analis BinaArtha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan, hari ini IHSG berpeluang untuk melanjutkan penurunan setelah berada di bawah garis SMA-20 pada hari Jumat pekan lalu. Level support IHSG berada di 6.734, 6.675 dan 6.633, sementara level resistennya di 6.878, 6.968 dan 7.058.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com