Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Aset Itu Tidak Tidur, Harus Bekerja Memberikan Manfaat Maksimal

Kompas.com - 22/11/2023, 15:12 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali menekankan pentingnya pemeliharaan dan pemanfaatan aset berupa barang milik negara (BMN) secara maksimal. BMN didorong agar dapat membantu mendorong roda ekonomi nasional.

"Aset itu tidak tidur, tapi aset harus bekerja keras dan memberikan manfaat yang maksimal," ujar dia, dalam acara Anugerah Reksa Bandha, di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Bendahara negara bilang, penerimaan negara tidak hanya berasal dari pajak atau bea cukai saja. Terdapat juga pos pendapatan negara bukan pajak (PNBP), yang salah satu instrumennya ialah lewat pengelolaan BMN.

Baca juga: Anak Buah Sri Mulyani Akui Banyak Aset Negara di Jakarta yang Diserobot

"Tidak hanya sebagai koleksi aset di dalam neraca keuangan, namun juga sebagai aset yang mampu menciptakan nilai tambah dalam perekonomian," tuturnya.

Oleh karenanya, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara akan terus memantau perkembangan pemanfaatan BMN. Hal ini dilakukan melalui sistem bernama Sistem Informasi Manajemen Aset Negara.

Pada saat bersamaan, pemerintah melanjutkan proses dokumentasi aset negara lewat sertifikasi BMN. Sri Mulyani menargetkan, sertfikasi BMN dapat rampung pada 2024.

"Sehingga kita akan memahami, masyarakat mengetahui, mana aset milik negara yang ada dalam buku keuangan pemerintah," katanya.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu mengapresiasi kementerian dan lembaga (K/L) yang telah merawat dan memanfaatkan BMN dengan baik. Menurutnya, hal itu menunjukan, K/L tidak menyia-nyiakan uang negara yang telah digelontorkan untuk mendapatkan BMN tersebut.

"Tidak hanya pada saat meminta anggaran belanja negaranya, namun pada saat sudah membelanjakan, dalam bentuk belanja modal dan aset, tetap ada kepedulian untuk menjaganya," ucapnya.

Baca juga: Sri Mulyani: Aset Negara Harus Bekerja Keras...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com