Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Didorong Melek Digital agar Bisa Tembus Pasar Ekspor

Kompas.com - 11/12/2023, 05:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diharapkan dapat berkolaborasi dengan pemerintah dan sektor usaha besar agar tak hanya naik kelas, namunn juga menembus pasar ekspor.

Ketua Umum Kerukunan Usahawan Kecil dan Menengah (KUKMI) Yudianto Tri menyatakan, untuk mencapai sasaran UMKM ideal tersebut, pihaknya akan membekali anggotanya dengan kemampuan menguasai penggunaan digitalisasi informasi yang mulai digalakkan tahun 2024 mendatang.

"Kami ingin anggota KUKMI melek digital sehingga tidak gagap teknologi pada saat bermitra dengan sektor usaha besar maupun saat memasuki dunia ekspor," ujar Yudianto dalam keterangan tertulis, Senin (11/12/2023).

Baca juga: Maju Jaya Tekstil Luncurkan Produk Baru dan Edukasi UMKM di Pameran Halal Fair

Ilustrasi UMKM, pelaku UMKM.SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES Ilustrasi UMKM, pelaku UMKM.

Yudianto menambahkan, sinergi dan kolaborasi antara stakeholder UMKM dengan pengusaha besar hendaksi berlangsung secara berkesinambungan, sehingga keduanya dapat tumbuh bersama dalam tatanan ekonomi yang berkeadilan.

Atas dasar ini, sambung Yudianto, pihaknya bakal lebih aktif dalan mendorong pertumbuhan usaha anggotanya, termasuk menyiapkan perangkat digitalisasi informasi.

Disiapkannya perangkat digitalisasi, papar Yudianto, di era yang bergerak serba digital saat ini, mustahil bisa menggiring kolaborasi dengan usaha besar jika UMKM masih belum melek digital.

"UMKM bakal tetap dipinggiran apabila hanya bergerak sendiri-sendiri dan tidak mampu produksi usaha skala industrial," ujar Yudianto.

Baca juga: Bank DKI Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan untuk Pekerja UMKM

Yudianto mengatakan, KUKMI akan tegak lurus dengan program pemerintah yang bertekad menjadikan UMKM berdaya saing kuat di negeri sendiri. Atas dasar itu, KUKMI sangat mendukung upaya pemerintah menjadikan UMKM berkualitas atau UMKM naik kelas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com