Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Rakyat Sediakan Solusi Pembiayaan untuk UMKM Mamin

Kompas.com - 07/12/2023, 12:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, salah satu kendala yang sering dialami UMKM untuk berkembang adalah terbatasnya akses terhadap pembiayaan.

Berkaca dari hal ini, perusahaan teknologi keuangan pendanaan bersama Modal Rakyat memberdayakan UMKM dengan memperluas akses pembiayaan untuk UMKM di berbagai sektor. Kali ini, Modal Rakyat berfokus pada sektor industri makanan dan minuman (mamin) alias food and beverage (F&B).

Pada sektor ini Modal Rakyat menjalin kerja sama dengan beberapa usaha mamin, yakni dengan PT Sari Kreasi Boga Tbk yang merupakan salah satu perusahaan waralaba makanan, minuman, dan persediaan makanan yang menaungi beberapa waralaba seperti Kebab Turki Baba Rafi, Sate RSPP, dan Street Sushi.

Baca juga: Kemenkeu: Pelaku UMKM Bisa Manfaatkan Aset Negara dengan Harga Terjangkau

Ilustrasi pelaku UMKM. SHUTTERSTOCK/PR IMAGE FACTORY Ilustrasi pelaku UMKM.

Selain itu, Modal Rakyat menjalin kerja sama dengan PT Sudi Jaya Globalindo yang merupakan merupakan distributor resmi VNT (Vina Nha Trang) di Indonesia untuk mensuplai mesin kopi.

Selanjutnya, Modal Rakyat menjalin kerja sama dengan PT Sukses International Anugerah Pratama merupakan perusahaan yang mendistribusikan berbagai jenis daging antara lain daging sapi, daging kerbau, ikan, dan lain-lain.

Bentuk kerja sama yang terjalin dengan berbagai industri F&B melalui skema supply chain financing dibangun dengan harapan berbagai ekosistem perusahaan tersebut dapat dijangkau oleh Modal Rakyat yang membantu pembiayaan sektor UMKM dan UKM sektor F&B.

Modal Rakyat diestimasikan dapat menyalurkan pendanaan sampai dengan Rp 50 miliar kepada lebih dari 500 orang peminjam dalam bentuk skema modal kerja dan cicilan dengan tenor pinjaman hingga 12 bulan.

Baca juga: Mengantar Summit 2.0 Bantu UMKM Asah Kemampuan Mengelola Keuangan

“Karena kami melihat akses pembiayaan permodalan masih menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha di Indonesia. Dengan adanya perluasan strategi pembiayaan di berbagai sektor industri, kami berharap para UMKM berhasil mengembangkan usahanya," tutur Marcel Limbong, Direktur Modal Rakyat, dalam keterangan tertulis, Kamis (7/12/2023).

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com