Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lembaga Akuntan RI-Singapura Teken Kerja Sama Perkuat Kemitraan dan SDM

Kompas.com - 26/01/2024, 21:19 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga profesi akuntan Singapura dan Indonesia meneken kerja sama perkuat kemitraan dan sumber daya manusia bidang akuntan.

Lembaga akuntan tersebut yakni The Institute of Singapore Chartered Accountants (ISCA) yang mengumumkan penandatanganan tiga nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan tiga mitra kunci di Indonesia. Ketiganya yakni Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan London School of Accountancy & Finance (LSAF).

Dengan 26,7 juta perusahaan Indonesia, 650 firma akuntansi publik, dan 686 firma jasa akuntansi dengan lebih dari 40.000 anggota IAI dan IAPI, ke depan dengan kerja sama ini akan memperkuat kerja sama internasional dan menumbuhkan peluang baru bagi profesi akuntansi di RI dan Singapura.

Teo Ser Luck, Presiden ISCA, mengatakan, dengan adanya kolaborasi dengan IAI, IAPI, dan LSAF, pihaknya ingin menciptakan kerangka kerja yang kokoh untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan, pengembangan profesional, serta kemajuan karir bagi akuntan di Singapura dan Indonesia.

"Upaya bersama ini tidak hanya akan memberikan manfaat bagi para profesional individu, tetapi juga akan memperkuat ekosistem akuntansi dan bisnis yang lebih luas di kedua negara," katanya melalui keterangan pers, Jumat (26/1/2024).

Baca juga: Ini Aturan Baru Penggunaan Jasa Akuntan Publik dalam Kegiatan Jasa Keuangan

Ketua Dewan Pengurus Nasional IAI Ardan Adiperdana mengatakan IAPI sangat mendukung percepatan pendidikan akuntansi dan keuangan, serta mendorong hadirnya standar profesional internasional bagi akuntan publik.

"MoU ini menunjukkan komitmen kami untuk membina lingkungan belajar dan jejaring yang akan mempersiapkan akuntan kami dalam menghadapi tantangan masa depan di kawasan ini. IAI berkomitmen untuk memberikan peluang kepada anggota kami untuk meningkatkan mobilitas profesional dan kemajuan karir melalui kolaborasi kami dengan ISCA," katanya.

"Akuntan publik memainkan peran penting dalam mendukung ekosistem bisnis. Oleh karena itu, penting untuk membina dan memperkuat profesi kami guna menjamin kesuksesan berkelanjutan dalam sektor keuangan secara keseluruhan," tambah Hendang Tanusdjaja, Ketua Umum IAPI.

Baca juga: Ini Akuntan Publik dan KAP yang Dapat Sanksi akibat Kasus Wanaarta Life

Sementara Manish Gidwani, CEO dan pendiri LSAF, mengatakan, pembentukan pusat pembelajaran ISCA di Indonesia menandakan bahwa mahasiswa LSAF sekarang memiliki kesempatan yang sama dengan mahasiswa di Singapura untuk menjadi bagian dari organisasi kelas dunia dan memulai perjalanan mereka untuk menjadi Singapore chartered accountant di Indonesia.

Menurut LSAF, kerja sama strategis ini menegaskan dedikasi ISCA untuk membangun kemitraan internasional, menciptakan peluang pengembangan profesional, dan berkontribusi pada kemajuan global profesi akuntansi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com