Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Contoh Pasar Monopoli di Indonesia yang Produknya Biasa Kita Pakai

Kompas.com - 22/02/2024, 06:56 WIB
Muhammad Idris

Penulis


KOMPAS.com - Ada beberapa contoh pasar monopoli di Indonesia. Bahkan produknya mungkin seringkali tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita.

Pasar monopoli adalah situasi di mana hanya ada satu penjual atau produsen tunggal yang mengendalikan atau mendominasi penawaran suatu barang atau jasa tertentu di pasar.

Dalam monopoli, tidak ada pesaing yang signifikan yang dapat bersaing secara efektif dengan penjual tunggal tersebut.

Kondisi ini memberi penjual monopoli kekuatan besar dalam menentukan harga dan kuantitas barang atau jasa yang mereka jual, tanpa harus memperhatikan kekuatan pasar permintaan atau persaingan.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Pasar Monopoli dan Contohnya di Indonesia

Contoh pasar monopoli di Indonesia

Di Tanah Air, pasar monopoli terutama terjadi dalam beberapa sektor yang sangat terkonsentrasi, di mana satu atau beberapa perusahaan mendominasi pasar tanpa adanya pesaing yang signifikan.

Nah berikut ini setidaknya 7 contoh pasar monopoli di Indonesia:

1. PLN

PLN (Perusahaan Listrik Negara) adalah perusahaan yang memiliki monopoli dalam penyediaan listrik di sebagian besar wilayah Indonesia. PLN mendominasi pasar distribusi listrik, dengan sedikit atau tanpa pesaing signifikan dalam pasar tersebut.

Saat ini banyak pembangkit listrik dimiliki swasta, kendati demikian, penjualan dan distribusi listrik sepenuhnya dikuasai PLN.

2. Pertamina

Contoh pasar monopoli di Indonesia adalah Pertamina. Sebagai monopoli, Pertamina memiliki pengaruh besar dalam menentukan harga dan pasokan minyak dan gas di dalam negeri.

Meskipun ada upaya untuk memperkenalkan kompetisi dan mengurangi dominasi Pertamina melalui partisipasi perusahaan swasta dan peningkatan investasi asing, Pertamina masih memegang posisi yang sangat kuat dalam industri minyak dan gas Indonesia.

BUMN ini memiliki kontrol atas eksplorasi, produksi, pengolahan, distribusi, dan penjualan minyak dan gas di Indonesia.

3. KAI

Contoh pasar monopoli di Indonesia adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang memegang peran utama dalam operasi, pengelolaan, dan pengembangan sistem transportasi kereta api di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com