Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia

Kompas.com - 29/02/2024, 16:28 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Ada cukup banyak contoh lembaga keuangan bukan bank (LKBB) yang ada di Indonesia. LKBB adalah istitusi yang bergerak di sektor keuangan namun tidak memiliki izin sebagai bank.

Lembaga keuangan bukan bank bisa menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali sebagai kredit maupun dalam bentuk investasi.

Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 11 Tahun 2014, lembaga keuangan bukan bank meliputi perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan, gadai, dana pensiun, pialang, sekuritas, jasa penilai publik, dan jasa terkait keuagan lainnya.

Baca juga: Cara dan Syarat Mengajukan Pembiayaan Mobil Bekas di BRI Finance

10 contoh lembaga keuangan bukan bank

Nah berikut ini setidaknya 10 contoh lembaga keuangan bukan bank yang ada di Indonesia berdasarkan kategorinya:

1. Perusahaan asuransi

Yang termasuk lembaga keuangan bukan bank adalah asuransi. Perusahaan asuransi memberikan layanan perlindungan finansial kepada individu atau perusahaan dalam bentuk polis asuransi.

Mereka dapat menawarkan asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi properti, dan berbagai produk asuransi lainnya. Contoh perusahaan asuransi di Indonesia seperti Astra Life, Bumiputera, Prudential, BCA Life, BNI Life, Allianz, dan sebagainya.

2. Perusahaan investasi

Yang termasuk lembaga keuangan bukan bank adalah perusahaan sekuritas atau perusahaan manajemen investasi menyediakan layanan investasi kepada klien mereka.

Mereka membantu individu atau perusahaan dalam mengelola portofolio investasi mereka, melakukan perdagangan saham, obligasi, dan berbagai instrumen investasi lainnya. Contohnya adalah Bahana, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, UBS, JP Morgan, dan sebagainya.

3. Perusahaan leasing

Contoh lembaga keuangan bukan bank perusahaan leasing yang menyediakan layanan pembiayaan untuk pembelian barang modal seperti kendaraan bermotor, peralatan industri, atau teknologi informasi.

Mereka membiayai pembelian barang tersebut dan menyewakannya kepada klien dengan pembayaran secara berkala. Contoh leasing antara lain FIF, Astra, Wahana, Summit Oto, Adira, dan lainnya.

4. Perusahaan dana pensiun

Contoh lembaga keuangan bukan bank adalah dana pensiun atau dapen. Perusahaan dana pensiun mengelola dana pensiun bagi karyawan atau anggotanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com