Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran Nasional

Kompas.com - 24/02/2024, 16:38 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran adalah sebagai regulator dan pengawas agar bisa meminimalkan risiko yang merugikan masyarakat dalam proses transaksi.

Mengutip laman resmi Bank Indonesia (BI), sistem Pembayaran adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang dipakai untuk melaksanakan pemindahan dana, guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

Sistem Pembayaran lahir bersamaan dengan lahirnya konsep 'uang' sebagai media pertukaran (medium of change) atau intermediary dalam transaksi barang, jasa dan keuangan.

Pada prinsipnya, sistem pembayaran memiliki 3 tahap pemrosesan yaitu otorisasi, kliring, dan penyelesaian akhir (settlement).

Baca juga: Pengertian Sistem Pembayaran, Komponen, dan Peran Bank Indonesia

Peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran

Bank Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur, mengawasi, dan memfasilitasi sistem pembayaran di Indonesia. Beberapa peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran adalah sebagai berikut:

1. Pengaturan kebijakan

Salah satu peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran adalah bertanggung jawab untuk merumuskan kebijakan dan regulasi terkait dengan sistem pembayaran.

Hal ini mencakup penetapan standar, prosedur, dan infrastruktur yang harus dipatuhi oleh penyelenggara layanan pembayaran, bank, dan institusi keuangan lainnya.

2. Pengawasan dan pengendalian risiko

Peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran adalah melakukan pengawasan terhadap penyelenggara sistem pembayaran untuk memastikan bahwa sistem tersebut beroperasi dengan aman, efisien, dan andal.

Bank Indonesia juga berperan dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko yang terkait dengan transaksi pembayaran.

3. Pengembangan infrastruktur pembayaran

Salah satu peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran adalah terlibat dalam pengembangan infrastruktur pembayaran yang mencakup sistem kliring, sistem transfer dana antarbank (RTGS), dan sistem pembayaran elektronik lainnya.

Bank Indonesia juga mendorong inovasi dan adopsi teknologi dalam sistem pembayaran untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan.

4. Promosi keuangan inklusif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com